Berita Terbaru

Monday, April 11, 2016

Pejabat Kementerian Pendidikan resmikan rumah Raja Bawangun di Talaud
by donwu - 0

Dirjen Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa 
Sri Hartini berdialog dengan Ratu Banua Damao 
Arvan Bawangun SH MH.(foto: denny/sk)
TALAUD—Revitalisasi desa adat sekaligus peresmian rumah adat Damao Pulau Kabaruan Kabupaten Talaud berlangsung meriah. Dihadiri Dirjen Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kementerian Pendidikan Sri Hartini, Staf khusus Kawasan Ekonomi Khusus Denny Tatuwo mewakili Gubernur Sulut dan Asisten Tata Pemerintahan Lukas Bawiling mewakili Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE, Minggu (10/4/2016) kemarin.
Dalam sambutannya Hartini mengajak seluruh stake holder untuk menjaga dan melestarikan budaya yang begitu kaya dengan makna dan ajaran yang luhur. "Budaya itu keren lho. Jadi jangan malu dan harus berani tampil dengan kearifan budaya lokal yang sarat akan makna dan etika berkehidupan," tutur Hartini.
Ia meminta rumah adat yang pembangunannya dibiayai oleh APBN ini menjadi tempat berkumpul dan tumbuh kembangnya daerah. "Semoga kedepan rumah adat ini akan menjadi sarana tumbuh kembangnya budaya dan kehidupan masyarakat Damao. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan rumah adat ini termasuk pengembangan pendidikan dan bidang lainnya," lanjut Hartini.
Di tempat yang sama Ratu Banua Damao Arvam Bawangun SH MH menyampaikan apresiasinya atas dukungan Dirjen Kepercayaan Terhadap TYME atas terlaksananya revitalisasi desa sekaligus diresmikannya rumah adat di Damao. "Tentunya hal ini akan jadi pemicu dan motivasi bagi kami untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan adat dan budaya  Talaud. Kami juga akan terus bekerja dan berkarya dalam berbagai bidang dengan mengedepankan dan mendasarkan pads nilai-nilai budaya yang diwariskan leluhur kami," tutur Bawangun.
Adapun rumah adat Damao yang diresmikan merupakan tempat berdirinya pendiri sekaligus Raja Bawangun di Tahun 1300 Masehi.(den)

Bisa juga baca di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Selasa 12 April 2016.
 

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment