Berita Terbaru

Friday, April 15, 2016

PT.MMP dibekukan sampai ada penetapan perda zonasi
by noberd losa - 0



MANADO,SM.COM - Aktifitas pertambangan PT.Metal Mikgro Perdana (MMP) di pulau bangka kecamatan likupang timur kabupaten Minahasa Utara dihentikan sampai adanya penetapan Ranperda Zonasi.

Dalam pembahasan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sulut kaitan dengan LKPJ Gubernur 2015 pada kamis (14/4/2016) kemarin, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulut melalui kepala bidang pertambangan umum Jefri Runtuwene,SE,Msi melaporkan soal pembekuan sementara terhadap PT.MMP karena belum ditetapkannya Ranperda Zonasi yang sedang digodok.

"Ranperda Zonasi untuk Minut sebenarnya sudah memasuki tahapan 13 atau tahap akhir untuk penetapan, namun karena keluarnya peraturan baru akhirnya ranperda kembali dari awal lagi," kata Runtuwene

Lanjutnya, pasca keluarnya undang-undang Nomor 23 tahun 2014, secara otomatis Ranperda Zonasi yang mengatur khusus tata ruang wilayah perairan dilakukan penyesuain sehingga terkait dengan aktifitas PT.MMP harus menunggu kejelasan ranperda tersebut.

Runtuwene melaporkan juga, pemerintah pusat sudah melakukan pengawasan ketat terhadap pertambangan di Minahasa Utara.

"Sejak dilantiknya presiden Jokowi, kami ESDM dipanggil pak Jokowi karena adanya laporan dari LSM asal Sulut dan kamipun dimintakan penjelasan soal pertambangan di pulau bangka," tukasnya.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment