Berita Terbaru

Sunday, April 17, 2016

Melki Suawah yang Muda sang pemimpin
by noberd losa - 0

Sekertaris DPD Gerindra Sulut Melki Suawah


MANADO,SM.COM – Sekertaris DPD Gerindra Sulut Melki Suawah yang akhir-akhir ini banyak memegang peran penting partai berlambang garuda merah ini adalah salah satu tokoh pemuda yang pantas dibanggakan yang terlahir dari keluarga sederhana.

Pria ganteng kelahiran Manado pada 22 Mei 1981 sebenarnya mulai   dikenal  masyarakat  Manado saat menjadi pemimpin mahasiswa Unsrat di tahun 2003. Sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian dan salah satu pentolan   pergerakan   mahasiswa   Unsrat   ketika   menolak   tindakan   semena-mena pemimpin baru universitas (Rektor) yang menaikan biaya SPP Mahasiswa hingga 300 persen saat itu.

Namanya kerap mengisi pemberitaan media surat kabar dan Tv lokal di Sulawesi   Utara,   sikap   dan   pernyataannya   yang   sangat   militan   memperjuangkankepentingan mahasiswa Unsrat, bahkan kepentingan masyarakat Sulut yang akan dilukaidengan naiknya biaya pendidikan di Unsrat.

Melki Suawah yang juga adalah ketua DPC Gerinra Minut sebenarnya Sejak masih sekolah memang bakat berorganisasinya sudah mulai terlihat, Melki adalah mantan ketua OSIS di SMU Negeri 4 Manado dan juga merupakan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kotamadya Manado tahun 1997.

Ketika menjadi Ketua Senat Mahasiswa, dia aktif mengikuti kegiatan-kegiatan seminardan pelatihan mahasiswa pertanian  hingga  ke tingkat  nasional,  dan tergabung dalamorganisasi   Ikatan   Senat   Mahasiswa   Pertanian   Indonesia   (ISMPI),   organisasi   yang mewadahi seluruh mahasiswa pertanian di semua Universitas dan Perguruan Tinggi diIndonesia.   

Organisasi   Mahasiswa   (ISMPI)   inilah     yang   menggagas   sehingga   lahirlahorganisasi Pemuda Tani HKTI di tahun 2004-2005.Setelah   menamatkan   kuliah   di   Fakultas   Pertanian   Unsrat,   tahun   2005   bergabung   di Organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulawesi Utara yang diketuai   oleh   DR.   Lucky Longdong, MEd, dan   terlibat   aktif   dengan   kegiatan-kegiatanpertanian di Sulut, kemudian ditunjuk menjadi Ketua Pemuda Tani HKTI Sulawesi Utaratahun 2006.

Tahun 2008  ketika  Partai Gerakan  Indonesia  Raya  (Gerindra) didirikan oleh PrabowoSubianto yang juga adalah Ketua Umum HKTI saat itu, maka kader-kader HKTI yang belum tergabung dengan partai politik manapun ikut masuk dan diminta membesarkan partai tersebut.  

Disinilah langkah awal Melki Suawah bergabung dengan Partai Politik. Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan yang mendapat mandat memimpin Partai GerindraProvinsi Sulawesi Utara menempatkannya sebagai salah satu pengurus di DPD (DewanPimpinan Daerah), yaitu Wakil Ketua DPD bidang Pemuda dan Mahasiswa.

Pada 2009 ia dipercaya sebagai Ketua  Panitia Pelaksana Musyawarah Daerah(Musda) HKTI Sulawesi Utara yang kemudian ia dipercaya menjadi Sekretaris DPD HKTI Sulut yang juga menjadi Sekretaris DPD HKTI paling muda usianya di Indonesia saat itu.

Kemudian selanjutnya ditahun 2015 Melki Suawah dipercayakan oleh Prabowo Subianto dan Fadli Zonmenjadi Ketua DPD HKTI Sulawesi Utara masa bakti tahun 2015-2020.

Melihat kinerja pemuda bertubuh tegap ini, Partai Gerindra Sulut pada tahun 2013 mulai memberikan kepercayaan kepadanya, dimana Mayjen Glenny Kairupan  kemudian   diberikan   mandate menjalankan sejumlah   tugas-tugas   strategis,   mulai   dari   Ketua   Tim Komunikasi Partai Gerindra Sulut, Sekretaris Tim Penjaringan Calon Anggota Legislatif,Sekretaris   BAPPILU   Sulut,   hingga   kemudian jabatan   Sekretaris   Dewan   Pimpinan   Daerah dibebankan   dipundaknya,   sebuah   kepercayaan   dan   amanah   yang   begitu   tinggi.

Sekretaris   DPD   Partai   Gerindra   Sulawesi   Utara   ini   telah   bahu   membahu   bekerja membangun   Partai   Gerindra   Sulut   bersama   Mayjen   Glenny   Kairupan   sejak   Pemilu Legislatif  2014  hingga  Pilpres  kemudian  Pilkada  di  tahun  2015.

Sejak ia menjabat sebagai sekertaris Gerindra Sulut mendampingi Ketua partai Gleny Kairupan, setidaknya Gerindra berhasil mendapat 54 kursi (47 kursi DPRD Kab/Kota, 6 kursi DPRD Provinsi, 1 kursi DPR-RI).

Peningkatan yang luar biasa mengingat pada Pemilu 2009, hanya memiliki 23 kursi di DPRD.Menjelang   pelaksanaan   PILKADA   9   Desember   2015,   lewat   sidang   Komisi   Etik   danKehormatan Partai   Gerindra tanggal   3 November   di Kantor   DPP  Gerindra, menunjuk dirinya untuk menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Minahasa Utara, kemudian langsung diikuti dengan Surat  Keputusan  DPP Gerindra tertanggal 4 November 2015yang ditanda-tangani oleh Prabowo Subianto.

Melki   Suawah   adalah   pribadi   yang   menyenangkan   karena   rendah   hati   dan   pintar menempatkan diri. Dikenal lowprofile, mudah akrab dengan orang, tetapi juga cerdas dan berwibawa.   Siapa   sangka   anak   pertama   dari   2   bersaudara   yang   lahir   dari   keluarga sederhana, seorang ayah yang hanya pegawai negeri bergolongan rendah serta Ibu yang sederhana, tetapi di usia yang masih muda sudah menjadi pemimpin salah satu partai politik besar dan sangat berpengaruh.

Sangat jarang saat ini kita temukan seorang muda dengan latar belakang yang bukan berasal dari keluarga pejabat atau juga bukan lahirdari keluarga kaya dapat mencapai posisi seperti itu.
Tetapi itulah dia, sosok pengagum Prabowo Subianto ini dilingkungan organisasi yang digelutinya, dikenal sangat berdedikasi dan pemberian dirinya selalu jadi panutan.(Obe)


BIODATA Melki Markos Suawah, SP.

Tempat Tanggal Lahir : Manado, 22 Mei 1981

Alamat : Matungkas Kec. Dimembe Minahasa Utara

Pendidikan : 
1. SD Negeri 2 Manado
2. SMP Negeri 1 Manado
3. SMU Negeri 4 Manado
4. Fakultas Pertanian Unsrat Manado

Nama Ayah  : Mantje Suawah (57 tahun)
Nama Ibu  : Ellen Worotikan (57)

Istri : Meilanny Ticoalu, SP.

Anak :
1. Eunice Miracle Putri Suawah (8 tahun)
2. Alicia Madeline Putri Suawah (4 tahun)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment