Berita Terbaru

Thursday, April 21, 2016

Kasus korupsi galian C di Tomohon kembali disidangkan
by Unknown - 0

Kabid Pertambangan Dinas ESDM Tomohon dihadirkan 
sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Manado, 
Kamis (21/4/2016).(foto: onal/s)
MANADO, SMCOM—Kasus korupsi penyalahgunaan dana Pengurusan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Galian C Tomohon yang menyeret terdakwa JP alias Patilima, kembali digelar di Pengadilan Tipikor Manado, Kamis (21/42016). Dalam sidang ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Eko Nurlianto, menghadirkan Kepala Bidang (Kabid) Pertambangan Dinas ESDM Tomohon, Frangki Lasut.
Dari keterangannya saksi menjelaskan bahwa, terdakwa selaku Kadis ESDM pada saat itu, tidak pernah mengarahkan para pengusaha pertambangan untuk mengurus ijin. "Dalam kepengurusan ijin pertambangan, Kadis (terdakwa, red) tidak pernah melibatkan saya. Sehingga saya tidak tahu perusahaan pertambangan mana yang mempunyai ijin di Kota Tomohon," beber saksi dihadapan Ketua Majelis Hakim Aminal Umam.
Diketahui dalam dakwaan, terdakwa diduga melakukan tindak pidana korupsi dana IUP Galian C yang beroperasi di Kakaskasen Tomohon Utara. Kasus ini terjadi di tahun 2013. Berawal saat terdakwa dengan sengaja memanipulasi perijinan, serta meminta sejumlah uang dari para pengusaha pertambangan dengan total Rp116 juta.
Kemudian terdakwa juga tidak menyetorkan uang sebesar Rp20 juta ke kas daerah, dan malah menggunakan uang tersebut untuk kepentingan pribadi terdakwa. Atas aksinya tersebut, tercatat total kerugian mencapai Rp141 juta dengan perincian Rp25 juta kerugian negara dan Rp116 juta pungutan liar.
Terdakwa dijerat dakwaan primair pasal 2 ayat (1) junto pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, yang telah dirubah dan ditambahkan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 junto pasal 64 (1) KUHP, subsidair pasal 3 junto pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, yang telah dirubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 junto pasal 64 ayat (1) KUHP.(lan)

Baca juga di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Jumat 22 April 2016.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment