Berita Terbaru

Friday, April 29, 2016

2019, proyek kereta Sulawesi sampai Manado
by donwu - 0

Jalur kereta api trans Sulawesi.
JAKARTA—Pemerintah saat ini tengah tancap gas untuk pembangunan proyek infrastruktur. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan memastikan, progres pengerjaan proyek kereta Sulawesi hingga saat ini terus berjalan. Menurut Jonan, tidak ada hambatan yang berarti dalam pengerjaannya. "Ya jalan terus, anda coba lihat ke sana," kata Jonan, Kamis (28/4/2016), di Kompleks Istana, Jakarta.
Jonan menyebutkan, pengerjaan proyek kereta api Sulawesi diperkirakan sudah mencapai sekitar 30 kilometer (km) hingga 40 km dari target yang dikerjakan sekitar 165 km. "Untuk Makassar-Pare-Pare itu kalau ada uangnya 2017 selesai, bahkan kalau uangnya ada semua, 2019 itu bisa sampai Manado," katanya.
Jonan menyebutkan, dana pembangunan kereta api Sulawesi dan seluruh pembangunan di lokasi lain, akan menggunakan dana campuran baik dari APBN dan juga dana pinjaman. "Kalau uangnya besar sekali ya tersedia, sambil dibangun berbagai lokasi, ya kan pinjaman luar negeri APBN juga," tandas Jonan.
Jalur kereta api Trans-Sulawesi adalah jaringan jalur kereta api yang dibangun untuk menjangkau daerah-daerah penting di Pulau Sulawesi. Jaringan jalur kereta api ini dibangun mulai pada tahun 2015 yang dimulai dari tahap I, yaitu jalur kereta api dari Makassar hingga Parepare. Proyek perkeretaapian Trans-Sulawesi ditargetkan mencapai panjang 2.000 kilometer dari Makassar ke Manado
Sasaran dari pengembangan jaringan jalur kereta api di Pulau Sulawesi adalah untuk menghubungkan wilayah atau perkotaan yang mempunyai potensi angkutan penumpang dan barang atau komoditas berskala besar, berkecepatan tinggi, dengan tingkat konsumsi energi yang rendah dan mendukung perkembangan perkotaan terpadu melalui integrasi perkotaan di wilayah pesisir, baik industri maupun pariwisata serta agropolitan baik kehutanan, pertanian maupun perkebunan.
Jalur kereta api ini menggunakan lebar sepur 1.435 mm (lebar sepur standar internasional) dan operasionalnya dilimpahkan kepada PT Kereta Api Indonesia.
Peresmian pemasangan rel Jalur kereta api Makassar-Parepare oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan Kemenhub di Kabupaten Barru. Jalur sepanjang kurang lebih 145 kilometer ini merupakan tahap pertama dari pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi dari Kota Makassar menuju Kota Parepare. Proses groundbreaking pembangunan kereta api lintas Makassar-Parepare dilaksanakan pada 18 Agustus 2014 di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.
Pemasangan rel pertama telah dilakukan 13 November 2015 di Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Pemasangan rel disaksikan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Jalur kereta api ini pada awalnya dibangun jalur tunggal, tetapi lahan yang disiapkan dapat dibangun jalur ganda. Jalur ini direncanakan mempunyai 23 stasiun yang akan dibangun sebagai pemberhentian kereta api.(okz/wik)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment