Berita Terbaru

Tuesday, March 29, 2016

Tiga bulan di Manado, ROR dikabarkan berencana dum mobnas Walikota
by donwu - 0

Royke O Roring.
MANADO, SMCOM—Ada-ada saja kebijakan yang dilakukan Penjabat Walikota Manado Ir Royke O Roring (ROR). Bagaimana tidak, hanya kurang lebih tiga bulan menjabat Walikota Manado, ROR dikabarkan bakal mengambil-alih alias dum mobil dinas (mobnas) Walikota Manado DB 1 A pelat merah jenis Toyota Camry yang selama ini dipakainya. Kabar ini pun berhembus kencang di kantor Walikota, Jl Balaikota Tikala, hingga Senin (28/3/2016) hari ini.
Rencana ini pun menuai tanggapan miring masyarakat. Menurut mereka, ROR seharusnya sadar diri karena posisinya di Manado hanya penjabat bukan Walikota definitif. “Seharusnya Penjabat Walikota itu sadar diri. Baru tiga bulan menjabat terus akan melakukan dum mobnas, saya rasa itu kurang pas. Saya kira juga ada aturan yang mengatur pejabat yang melakukan dum kendaraan dinas,” ujar Jekson Sulangi SH.
Lanjut pria yang berprofesi sebagai pengacara ini, warga Manado pastinya akan gerah dengan sikap ROR yang seenaknya untuk melakukan dum mobnas. “Sungguh ironis ketika dana Pilkada saja belum dibayarkan, terus Penjabat mau melakukan dum. Harusnya memikirkan program, bukan mengambil keuntungan,” katanya lagi.
Jika dum mobnas ini terjadi, lanjut Sulangi, maka ROR tidak mendukung program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan program penghematan dari Gubernur dan Wagub Sulut Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK). “Yang pasti dum mobnas tak seiring dengan program peningkatan kesejahteraan rakyat dari OD-SK maupun Presiden Jokowi,” tukas Sulangi.
Pernyataan hampir serupa juga diutarakan sejumlah masyarakat saat kongkow-kongkow di kawasan kuliner Jalan Roda (Jarod) Pusat Kota 45. Mereka menilai bahwa ROR sangat keliru jika berniat melakukan dum mobnas Walikota tersebut. “Sebagai masyarakat awam, kami rasa tidak pantas jika Pak ROR mau dum mobnas tersebut. Selain statusnya hanya penjabat bukan definitif, dia juga kan hanya sebentar di Manado,” ujar Amran, salah satu penikmat ‘kopi stenga’. “Kalau di-dum, maka pasti akan beli lagi kan? Lebih baik uang itu untuk kesehteraan rakyat melalui program Walikota definitif nantinya,” sambung Bu Takasihaeng.
Diketahui, mobnas Toyota Camry DB 1 A warna hitam ini sendiri dipakai GS Vicky Lumentut (GSVL) semasa menjabat Walikota periode pertama, dan rencananya akan juga dipakai GSVL untuk periode keduanya karena kondisi mobilnya masih bagus. ROR sendiri akan habis masa tugasnya sebagai Penjabat Walikota Manado tinggal menghitung hari, karena GSVL akan kembali dilantik sebagai Walikota definitif periode 2016-2021 bersama Wakil Walikota terpilih Mor Bastiaan.(gow)

Bisa juga dibaca di SKH Swara Kita dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Selasa 29 Maret 2016.
 

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment