Berita Terbaru

Thursday, March 3, 2016

Terkesan tak serius, tim Ai-JA kawal gugatan ke MK cuma lewat telepon
by donwu - 0

Gedung MK, tempat sengketa pilkada diselesaikan.
JAKARTA, SMCOM—Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan-Jemmy Asiku (Ai-JA) telah mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Nomor 151/PAN/PHP-Kot/2016. Hanya saja, informasi yang diterima di kantor MK, Jln Merdeka Barat Jakarta Pusat, Kamis (3/3/2016) sore ini, gugatan Ai-JA ini belum diregistrasi sebagai perkara konstitusi, dan sifatnya masih permohonan. “Belum ada nomor surat regstrasi perkara,” ujar seorang bapak di bilik arbitrase MK, lantai dasar gedung MK, saat berbincang dengan SKH Swara Kita/SwaraManado.com.
Anenya, rupanya tim Ai-JA tidak mengawal secara total gugatan tersebut, karena gugatan yang dilayangkan hanya dikawal lewat telepon. Hal ini terindikasi kalau tim Ai-JA malas untuk mengawal gugatan yang telah dimasukkan ini, diduga karena melihat materi gugatan yang dilayangkan sangat lemah. Ceritanya, di saat wartawan Swara Kita berkonsultasi dengan arbitrase MK, tiba-tiba sekitar pukul 14.30 WIB, masuk telepon yang kemudian dilayani seorang wanita yang juga berada di ruang arbitrase. 
Rupanya yang menelepon adalah tim Ai-JA, yang kemudian ngobrol sekitar lima menit. Si wanita pun mengungkapkan apa yang ditanyakan tim Ai-JA. “Namanya Handri, dia tanya apakah gugatan yang mereka layangkan sudah diregistrasi atau belum. Saya jawab belum, dan memang belum teregistrasi,” ungkap si wanita.
Di luar gedung MK, sejumlah Satpam yang bertugas juga mengungkapkan bahwa tidak ada aktivitas dari Manado yang mereka ketahui. “Biasanya semua daerah yang memasukkan gugatan Pilkada ke sini (MK, red) kami ketahui. Saya sudah 7 tahun bertugas di sini, jadi saya tahu semuanya. Tapi soal Manado, saya baru tahu dari anda (wartawan, red). Yang saya tahu terakhir itu (masukkan gugatan, red) dari Simalungun,” ungkap Satpam bertubuh kekar di pintu masuk gedung MK. Awalnya si Satpam mencegat wartawan Swara Kita dan menanyakan maksud apa masuk di gedung MK.
Seperti diketahui, dalam pleno KPU Manado yang digelar di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Manado, 25-26 Februari 2016, hasilnya pasangan Ai-JA menempati peringkat kedua dengan perolehan 60.925 suara (32,32%). Pasangan ini kalah jauh dengan perolehan suara pasangan GS Vicky Lumentut-Mor D Bastiaan (GSVL-MOR) di peringkat pertama yang memperoleh 67.081 suara (35,59%). Sementara pasangan Hanny J Pajouw-Tony Rawung (HJP-Tora) berada di posisi terakhir dengan perolehan 60.447 suara (32,07%). 
Kendati perolehan suara Ai-JA selisih 6.155 suara (3,19%) dengan GSVL-MOR, namun Ai-JA tetap nekad melayangkan gugatan ke MK, meskipun materi gugatan yang dilayangkan lemah. MK dalam menghadapi gugatan sengketa pilkda tetap mengacu di Pasal 158 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada Serentak.(dsw)

Berita terkait: Materi lemah, gugatan Ai-JA belum teregistrasi sebagai perkara konstitusi
http://www.swaramanado.com/2016/03/materi-lemah-gugatan-ai-ja-belum_77.html

Baca juga di SKH Swara Kita edisi Jumat 4 Maret 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment