Berita Terbaru

Thursday, March 31, 2016

"Silumankah?", Pansus Zonasi tak menahu anggaran 2 Miliar untuk Konsultan RZWP3K
by noberd losa - 0


MANADO, SM.COM - Mengejutkan, ternyata anggaran konsultan untuk pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau kecil (RZWP3K) sebesar Rp 2 Miliar yang menggunakan uang rakyat sulut tak diketahui oleh Panitia Khusus (Pansus) RZWP3K yang beranggotakan anggota DPRD Sulut.

Saat dikonfrontir kepada Pansus Zonasi banyak yang mengaku tak mengetahui soal anggaran fantastis tersebut.

Bahkan Ketua Pansus Zonasi, Edwin Lontoh mengaku tidak pernah dilaporkan oleh kelompok Kerja (Pokja) Zonasi dari Pemerintah Provinsi.

Beberapa waktu sebelumnya, saat coba ditanyakan kepada anggota pansus lainnya Tedsy Kumaat yang juga ketua Fraksi PDI-P sepertinya kaget soal anggaran tersebut.

"Biasanya anggaran Konsultan itu rata-rata Rp30-40 juta, masa Zonasi sampai Rp2 Miliar, kalaupun benar mungkin karena untuk wilayah kerja Ranperda ini cakupannya luas sampai 15 kabupaten/kota," katanya.

Yang mengherankan lagi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Ronald Sorongan selaku kuasa pengguna anggaran Rp2 Miliar tersebut seakan menghindar.

Saat coba dihubungi via Phonsel, Ronald Sorongan meminta agar dikonfirmasikan langsung kepada ketua Kelompok kerja Ranperda ini.

Sedangkan ketua kelompok kerja Kepala
Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut Roy Roring yang juga penjabat Walikota Manado tak memberi penjelasan langsung namun menugaskan stafnya untuk memberi penjelasan.

Yang secara singkat staf Roy Roring mengatakan anggaran tersebut akan diberikan kepada Konsultan Ranperda Zonasi dan telah dilakukan penandatanganan nota kerjasama beberapa waktu lalu.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment