Berita Terbaru

Monday, March 7, 2016

Potensi wisata Pulau Makalehi dibatasi jaringan komunikasi
by donwu - 0

Untuk mendapatkan signal HP, warga di Pulau Makalehi harus bersabar.(foto: dominik/smcom) 
SITARO, SMCOM-Pulau Makalehi di Kabupaten Sitaro , menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa, di antaranya wisata Danau Love. Tapi sayangnya jaringan komunikasi telepon seruler di pulau tersebut masih sangat sulit. Hal tersebut tentunya sangat membatasi perkembangan usaha bagi masyarakat Makalehi pada umumnya dan bagi para pemandu wisata lokal pada khusunya. Pasalnya mereka tak dapat berkomunikasi dengan sesama rekan seprofesinya dari luar Makalehi.
Efta Makanoneng, salah seorang pemandu wisata lokal, mengaku sangat kesulitan untuk berkomunikasi dengan rekan sepropesinya. Menurut Efta, jika ia atau masyarakat Makalehi ingin menggunakan telepon seruler, mereka terpaksa harus mendaki gunung setinggi kurang lebih 300  meter atau pergi ke lokasi PLTS untuk mendapatkan signal telepon. Itu pun harus menunggu lama. "Signal di sini sangat sulit. Hanya ada di puncak gunung atau di lokasi PLTS, dan itu pun HP (handphone) harus pake penyangga. Karena kalau tidak , begerak sediki saja hilang signal. Jadi kalau mau berkomunikasi lebih bagus ke atas gunung atau di lokasi PLTS," ungkap Efta.
Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Pemkab Sitaro, Joni Muntiaha, yang ketika dimintai kerangan Senin (7/3/2016) siang tadi, tidak bisa memstkan apakah akan dibangun tower telekomunikasi di pulau tersebut atau tidak.  "Kita belum tahu," ujarnya singkat saat dihubuni SwaraManado.com.
Sementara itu Sekda Sitaro, Adri Manengkey, yang juga dimintai keterangan menjelaskan kalau pihaknya akan mengundang salah satu provider telekomunikasi untuk membicarakan masalah tersebut. Menurutnya, kedepan Pemkab Sitaro akan mengupayakan agar daerah-daerah yang belum terjangkau signal telekomunikasi seperti pulau Makalehi, Desa Lehi, dan lain-lain akan bisa terjangkau. "Kedepan pemerintah kabupaten Sitaro akan mengundang pihak terkait, untuk membicarakan akan hal tersebut. Kami akan upayakan agar daerah-daerah yang belum terjangkau oleh signal akan terjangkau, apalagi daerah-daerah yang memiliki potensi wisata," ungkap Manengkey saat ditemui di ruang kerjanya.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment