Berita Terbaru

Sunday, March 6, 2016

Pasar Bebas ASEAN,  Sulut Optimis Pasti Bisa !!!
by noberd losa - 0

MANADO,SM.COM - Pasar Bebas ASEAN atau lebih populer dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimulai, ketakutan warga Indonesia khususnya Sulut seakan menjadi momok karena harus menghadapi "Invasi" ekonomi dari negara-negara ASEAN.

Dari Penelitian salah satu lembaga di PBB bahwa perdagangan bebas MEA akan membuka banyak lapangan tenaga kerja yang bisa memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat yang berada di Asia Tenggara.

Permintaan pada produktifitas tenaga kerja akan semakin besar baik itu pada tingkat menengah maupun pada tingkat di bawahnya.

Hanya saja sektor bisnis dan perdagangan membutuhkan tenagar kerja yang berkualitas sehingga perlu adanya penyesuain kemampuan dan keterampilan kerja.

MEA menjadi sarana untuk mengurangi kesenjangan di antara negara-negara anggota ASEAN terutama dalam sektor ekonomi.

Selain itu saling ketergantunga dan kerja sama satu sama lain dalam meningkatkan kesejahteraan bersama di Asia Tenggara.  MEA juga membuka jalan bagi proses kerja sama dengan pihak luar non-ASEAN.

Kompleksitas MEA akan sangat berpengaruh terhadap warga Sulut dan Kendala MEA bagi Daerah yaitu bahasa dan Mental komponen Sulut.

Pengamat Ekonomi / Praktisi Ekonomi Sulut Arthur Kotambunan menilai, MEA harus disikapi positif oleh masyarakat sulut dengan sikap Optimisme.

Menurut Mantan Pimpinan DPRD Sulut ini, Banyak keuntungan yang dapat masyarakat Sulut terima dengan  diterapkan MEA.

"Orang luar yang profesional akan lebih mudah hadir di sulut yang akan mendorong warga lokal untuk lebih berprestasi dari pada pendatang," kata Kotambunan.

Ditambahkan Kotambunan, peran pemerintah diperlukan guna membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pekerja di sulawesi utara.

Kata Kotambunan, Solusi peningkatan SDM salah satunya dengan
Plot anggaran di dinas tenaga kerja ditingkatkan lebih khusus pada peningkatan mutu dan etos kerja warga Sulut.

"Pelatihan berbahasa inggris yang baik dan benar dapat menjadi prioritas utama dalam peningkatan mutu angkatan kerja di sulawesi utara," katanya.

selain itu, Kata Kotambunan hal lain yang perlu ditingkatkan adalah Skil lainnya terutama jati diri masyarakat sulut yang berbudaya Torang samua Basudara.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment