Berita Terbaru

Saturday, March 19, 2016

Gagasan Mantan Penjabat Gubernur Atasi Kemacetan Manado
by noberd losa - 0

Soni Sumarsono,MDM

MANADO,SM.COM - Kota Manado Luas wilayah daratan adalah 15.726 hektar dengan Panjang Jalan 54.,680 Kilometer dan Jumlah kendaraan lebih dari 86.000 ribu unit sudah menyebabkan kemacetan dan tak urung buat kelimpungan Instansi terkait Urai kemacetan.

Pada akhirnya Pihak Polda Sulut mengambil langkah terapkan Program One Way Traffic atau lalu lintas Satu Arah, yang diakui masih perlu beberapa perbaikan.

Anggota DPRD Sulut memberikan solusi dengan Membuka Portal parkiran kawasan Megamas untuk umum dan penertiban terhadap kendaraan yang parkir sembrono dijalan utama.

Mantan Penjabat Gubernur Sulut Soni Sumarsono,MDM yang masih mencintai Nyiur Melambai ikut memberikan sumbangsih gagasan selesaikan persoalan ini.

"Gagasan membuka portal kawasan megamas, saya sependapat sebagai salah satu solusi untuk mendukung pemberlakuan sistem satu jalur," Jelas Sumarsono.

Karena menurutnya, Hampir semua kota memiliki sistem satu jalur dan tak ada satu kawasan pertokoan modern di perkoraan yang ekslusif tertutup/diportal seperti Kawasan Megamas Manado.

"Rakyat perlu juga menikmati kawasan hasil reklamasi tersebut," kata Sumarsono yang juga Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri.

Menurut Sumarsono,  Jangka panjang perlu dipikirkan adalah dengan memindahkan pusat pemerintahan Sulut ke Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sebagai upaya mengatasi sesaknya Manado.

"Minut dapat dijadikan lokasi pusat aktifitas  pemerintahan sedangkan Manado sebagai pusat perdagangan. Ini dapat mencontohi beberapa daerah, seperti Kawasan Putra Jaya sebagai Pusat Pemerintahan Malaysia," tandas Sumarsono.(Obe)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment