Berita Terbaru

Friday, March 4, 2016

Cegat kemenangan GSVL-MOR, Ai-JA dan HJP-Tora berbagi jalur gugatan
by donwu - 0

Ilustrasi.
JAKARTA, SMCOM-Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, GS Vicky Lumentut dan Mor D Bastiaan (GSVL-MOR), telah ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Manado yang dikuatkan dengan pleno KPU Manado pada 24-25 Februari 2016.
Kini, kemenangan tersebut dicegat lawan politik, yakni pasangan Harley Mangindaan-Jemmy Asiku (Ai-JA) dan pasangan Hanny Joost Pajow-Tonny Rawung (HJP-Tora). Pasangan peringkat kedua dan ketiga ini tak ingin laju kemenangan GSVL-MOR sehingga berbagi tugas untuk mencegatnya. Ai-JA memilih jalur gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), sedangkan HJP-Tora memilih jalur gugatan ke Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP). Tak puas di situ, HJP-Tora bahkan memilih jalur politik ke Komisi II DPR RI. Tujuannya sama, menghalau laju kemenangan GSVL-MOR.
Pengamat politik dan pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka menyikapi persoalan ini lebih kepada tidak siapnya pasangan calon menerima kekalahan. "KPU sudah menetapkan calon peraih suara terbanyak. Kalau ada yang menggugat, saya kira itu bagian dari tidak siapnya calon menerima konsekuensi politik. Sehingga dipilihlah ruang seperti MK atau DKPP untuk melayangkan keberatan. Tapi kalau DKPP tidak akan mengubah hasil, karena hanya mengurus etik penyelenggaran pilkada," ungkap Tumbelaka kepada SKH Swara Kita/SwaraManado.com, Jumat (4/3/2016).
Bagaimana dengan jalur politik ke Komisi II DPR RI? "Paling tidak aspirasi mereka sudah disalurkan, kendati DPR bukan lembaga pengambil keputusan terkait sengketa pilkada. Tapi biarlah ini menjadi bagian dari demokrasi," tandas Tumbelaka.(dsw)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment