Berita Terbaru

Saturday, March 19, 2016

Bawaslu perintahkan KPU Bolmong-Sangihe tes narkoba calon Bupati-Wabup
by donwu - 0

Trio Komisioner Bawaslu Sulut.(foto: donny)
MANADO, SMCOM-Februari 2017 mendatang, dua daerah di Sulut yakni Kabupaten Bolmong dan Sangihe, masuk gerbong pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahap kedua. Dua daerah ini akan melakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2017-2022, yang tahapannya akan dimulai April 2016 ini.
Dan, untuk masuk dalam tahapan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati, di saat tes kesehatan maka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong dan Sangihe untuk memasukkan tes narkoba kepada semua calon yang mendaftar. Hal ini dilakukan merujuk kasus yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, dimana oknum Bupati ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) dan terbukti menggunakan narkoba jenis shabu, padahal sang Bupati baru sebulan dilantik.
“Dalam upaya menghindari kasus narkoba Kepala Daerah yang baru menjabat satu bulan sebagaimana terjadi di Sumatera, maka Bawaslu Sulut menghimbau KPU Sulut untuk memerintahkan KPU Bolmong dan KPU Sangihe, agar supaya dalam kerjasamanya dengan IDI Sulut untuk melibatkan BNN Sulut dalam pemeriksaan test narkoba sebagai salah satu persyaratan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2017,” ujar Ketua Bawsalu Sulut Herwyn Malonda, Sabtu (19/3/2016).
Dikatakannya, dalam proses pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan, dihimbau juga kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulut untuk membuka akses pengawasan bagi jajaran Panwas dalam melaksanakan tugasnya. “Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi hal yang merugikan di kemudian hari. Salam Awas,” tandas Malonda.(dsw)

Bisa juga dibaca di SKH Swara Kita dan ePaper www.swarakita-manado.com


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment