Berita Terbaru

Tuesday, March 29, 2016

Astaga, Ranperda Zonasi Pesisir Pantai akan dikelola BUMD
by noberd losa - 0

MANADO,SM.COM - Kekhawatiran berbagai kalangan masyarakat pada Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Zonasi yang akan menguntungkan pihak Investor ternyata cukuplah beralasan.

Pasalnya, Ranperda Zonasi ini ternyata akan disinkronkan pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut dengan Ranperda Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Dalam pernyataan Gubernur Olly Dondokambey beberapa waktu lalu, usaha dipesisir pantai akan diijinkan tapi dikelola oleh Pemprov Sulut lewat BUMD.

"Perda Zonasi akan membatasi investor beroperasi diwilayah pesisir pantai, karena semua usaha yang akan jalan nantinya harus dikelola lewat BUMD," tegas Dondokambey.

Pernyataan ini mengisyaratkan aktivitas segala usaha dipesisir pantai dan pulau terluar akan tetap berlangsung, hanya saja pengelolaannya dilakukan langsung oleh Pemerintah melalui BUMD.

Bertentangan dengan tujuan Zonasi pesisir pulau terluar itu sendiri, yaitu pemanfaatan kekayaan laut dan pengembangan wisata dengan menjauhkan dari reklamasi dan pertambangan.

Disatu sisi gubernur Olly Dondokambey mengatakan Anti tambang, tapi mengatur usaha dipesisir pantai.

Maka tidaklah mengherankan kekhawatiranpun muncul bahwa Ranperda zonasi ini dibuat untuk kepentingan Bisnis yang dikelola oleh BUMD.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment