Berita Terbaru

Saturday, March 5, 2016

Air baterei habis, 2 bulan PLTS Makalehi tak dapat menyuplai listrik
by donwu - 0

PLTS Makalehi dalam kondisi labil.
SITARO, SMCOM-Diduga karena kelalaian, air baterei aki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang ada di pulau Makalehi, Kabupaten Sitaro, berada di bawah batas minimum. Hal tersebut diduga menyebabkan PLTS tersebut tidak dapat menyuplai beban listrik ke rumah-rumah warga pada siang hari.
Penanggung jawab PLTS Makalehi, W Kalebos, ketika akan dikonfirmasi SwaraManado.com, sedang tidak berada di kantornya. Namun salah seorang karyawan bernama Kiki Dame mejelaskan, saat ini PLTS Makelahi memang tidak dapat menyuplai beban listrik ke rumah-rumah warga secara normal selama kurang lebih dua bulan terakhir, dikarenakan ada gangguan di panel Inverter PLTS tersebut, dan kekurangan air baterei aki yang menyebabkan air baterei sudah di bawah batas mimimum sehingga tidak dapat menyuplai beban listrik kerumah-rumah warga saat ini. "Ada gangguan inverter. Sudah kurang lebih enam bulan sudah tidak ditambah air baterei, makanya sudah di bawah minimum," ungkap Dame.
Sementara itu Kepala PLN Rayon Siau Robby Mandagi ketika dihubungi via telepon serulernya membenarkan dimana PLTS Makalehi saat ini sedang mengalami gangguan pada inverternya. Tidak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa hal tersebut sudah dilaporkan ke kantor area Tahuna namun ada kendala.  "Gangguan tersebut sudah kami laporkan. Namun kendalanya  teknisi dari Jakarta yang menangani PLTS sedang dalam pemulihan karena sakit. Jadi setelah sembuh akan datang ke Makalehi," ujar Mandagi, Sabtu (5/3/2016).
Dampak dari tidak adanya suplai listrik dari PLTS tersebut di siang hari, aktivitas warga cukup terganggu.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment