Berita Terbaru

Tuesday, February 2, 2016

ROR: Mudah-mudahan secepatnya kita diterima Mendagri
by donwu - 0

Royke Roring.
MANADO, SMCOM—Penjabat Walikota Manado Ir Royke O Roring (ROR) mengatakan, pihaknya akan menyurat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait rencana pelaksanaan Pilkada Manado 17 Februari 2016 yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado. Hal itu dikatakan ROR melalui rilis yang disampaikan Plt Kabag Humas dan Protokol Pemkot Manado Franky Mocodompis SSos, usai rapat antara Pemkot Manado, Pemprov Sulut dan KPU Manado, Senin (1/2/2016) malam.
“Inti dari pertemuan tadi adalah mencari titik temu dan pada akhirnya tanpa mengurangi apa yang sudah dilakukan oleh KPU, kita akan menyurat besok (hari ini, red) ke Mendagri untuk meminta waktu kita berkonsultasi. Mudah-mudahan secepatnya kita akan diterima oleh Mendagri, atau Sekjen atau Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah,” ujar Mocodompis.
Dalam konsultasi ini, Pemkot Manado akan mengajak KPU dan Pimpinan Dewan ke Jakarta jika sudah ada jawaban dari Mendagri. “Supaya kita bersama-sama dengan KPU dan juga mengundang Pimpinan Dewan untuk konsultasi bersama, karena aturan-aturan pengelolaan anggaran APBD pada umumnya berbentuk Permendagri. Dari Permendagri 54 tahun 2010, Permendagri 52 tahun 2015, dan Permendagri 44 tahun 2015. Dan juga masih terkait dengan sistem pengendalian, pengawasan internal, pertanggungjawaban dan pelaporan. Jadi itu semua ada aturan-aturan yang kita sinkron kan baik-baik supaya tidak ada masalah di kemudian hari,” ungkapnya.
Terkait dana dari KPU yang diajukan pada surat terdahulu kira-kira Rp8,8 miliar, Bawaslu Rp2,3 miliar, masih ada Rp1 miliar. Kemudian untuk Kepolisian Rp560 juta, dan lain-lain yang terkait. “Uang sisa 2,3 M sangat teknis, penjelasan detailnya nanti ke Sekda dan Kepala BPKBMD, penggunaan itu perlu juga aturan-aturan. Sekjen KPU mengatakan bahwa perlu persetujuan TPAD sebelum Pak Kaban menandatangani. Peristiwa ini tentu perlu ada penelitian-penelitian oleh tim dan silahkan saja ini masalah teknis. 8,8 M termasuk 2,3 M berarti dana tambahan kira-kira 6,5 M, tapi itupun perlu diasistensi kalau sudah ada kesepahaman,” terang ROR melalui Mocodompis.(dsw)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment