Berita Terbaru

Tuesday, February 2, 2016

Pulang dari AS, Jokowi lantik OD-SK
by donwu - 0

Olly Dondokambey-Steven Kandou.
JAKARTA, SMCOM—Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tujuh Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015 lalu, di Istana Negara Jakarta, pada pertengahan Februari 2016. Pelantikan ini dilaksanakan setelah Presiden Jokowi bertolak dari Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri ASEAN-US Summit.
Itu berarti mulai pertengahan Februari ini, Sulut sudah dipimpin Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru periode 2016-2021, Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandou (OD-SK). Keduanya akan dilantik bersamaan dengan enam Gubernur dan Wagub lainnya, yakni Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. "Sementara yang sudah pasti ada tujuh Gubernur dan Wagub yang akan dilantik Presiden di sini (Istana, red). Mudah-mudahan setelah beliau kembali dari Amerika (pertengahan Februari, red) akan dilakukan pelantikan," ungkap Menteri Dalam Negeri (Mengdari) Tjahjo Kumolo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (2/2/2016).
Adapun pelantikan Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota terpilih akan dilakukan di Provinsi masing-masing. Kata Tjahjo, untuk Bupati/Walikota yang akan dilantik lebih dari 200 kepala daerah. "Setelah dilantik di Provinsi, mereka akan diundang oleh Presiden ke Istana untuk diberi pengarahan," ungkap politikus PDIP ini.
Di lokasi yang sama, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sejumlah kepala daerah yang akan dilantik oleh Presiden secara bersamaan adalah yang tidak bersengketa. "Mendagri telah meminta waktu dan menyodorkan waktu minggu kedua pada bulan Februari untuk pelantikan Gubernur yang tidak ada masalah," kata Pramono. Dia menuturkan, Gubernur terpilih yang masih berpotensi bersengketa dalam Pilkada serentak cuma kepala daerah Kalimantan Tengah. "Yang lainnya sudah selesai, maka pelantikan Gubernur akan dilakukan di Istana," pungkas dia.(mer)

Selengkapnya bisa juga dibaca di SKH Swara Kita dan e-Paper www.swarakita-manado.com edisi Rabu 3 Februari 2016.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment