Berita Terbaru

Wednesday, February 24, 2016

Pupus Sudah, Provinsi BMR Tinggal Mimpi
by noberd losa - 0

MANADO,SMO.COM - Sungguh ironis nasib nasib warga Bolmong Raya (BMR) sejak beberapa tahun terakhir terus bermimpi akan terjadinya pemekaran.

Satu fakta pahit yang harus diterima, Pemekaran Provinsi BMR tinggalah mimpi, pasalnya janji politik yang terus dikumandangkan tak lebih dari surga telinga.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, Pemerintah akan melakukan moratorium atau penundaan terhadap usulan 87 daerah otonomi baru, serta usulan tambahan 199 daerah pemekaran yang meliputi pemekaran Provinsi, maupun pemekaran Kabupaten/ Kota.

Padahal, Jelang Pemilihan Kepala Daerah Desember 2015 silam, Pemekaran Bolmong Raya menjadi sebuah Provinsi sangat gencar disuarakan bahkan sempat dijanjikan segera terealisasi pada Tahun 2016 ini.

Menanggapi ini, Wakil Gubernur Steven Kandouw kepada awak mesia usai menghadiri Paripurna Ranperda Zonasi Wilayah di DPRD Sulut, Rabu (24/2/2016), mengungkapkan keputusan pemekaran wilayah adalah wewenang pemerintah pusat.

“Kita semua sudah berikhtiar, Namun masalah keamanan, keuangan, agama dan pemekaran wilayah adalah rana pemerintah pusat lebih dominan. Kita hanya sebatas mengusulkan. Mungkin ada evaluasi dari pemerintah pusat yang harus dihormati,” jelas Kandouw.

Namun demikian, mantan Ketua DPRD Sulut ini, memberikan janji pembentukan Provinsi Bolmong Raya menjadi prioritas jika moratorium telah dibuka.

“Jika nanti dibuka maka Provinsi Bolmong Raya menjadi prioritas,” tandas Kandouw.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment