Berita Terbaru

Friday, February 26, 2016

Pleno KPU Manado tuntas, GSVL-MOR menang telak
by donwu - 0

MANADO, SMCOM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado telah menyelesaikan pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado yang digelar KPU Manado di Grand Kawanua Convention Center (GKCC), Kairagi Manado, Kamis (25/2/2016) malam. Pleno berlangsung aman meskipun diwarnai dengan sejumlah protes dari saksi pasangan calon.
Dari hasil pleno 11 kecamatan, tidak banyak berubah dari pleno yang sudah dilakukan di tingkat kecamatan. Dimana hasilnya, pasangan GS Vicky Lumentut-Mor D Bastiaan (GSVL-MOR) unggul jauh dibandingkan pasangan Harley Mangindaan-Jemmy Asiku (Ai-JA) dan pasangan Hanny J Pajouw-Tony Rawung (HJP-Tora). Pasangan GSVL-Mor yang diusung Partai Demokrat dan PKPI menang di 7 Kecamatan yakni Wenang, Bunaken Kepulauan, Tikala, Wanea, Paaldua, Bunaken dan Singkil. Pasangan Ai-JA yang diusung Partai Gerindra dan Hanura menang di dua kecamatan yakni Malalayang dan Mapanget, sementara HJP-Tora yang diusung PDIP juga menang di dua kecamatan yakni Sario dan Tuminting.
Dan dalam total rekapitulasi, pasangan GSVL-MOR menang telak dengan memperoleh 67.081 suara (35,59%), diikuti pasangan Ai-JA dengan 60.925 suara (32,32%), dan terakhir pasangan HJP-Tora dengan perolehan 60.447 suara (32,07%). Melihat perolehan suara ini, berarti selisih suara GSVL-MOR sebagai pemenang selisih 6.155 suara dengan Ai-JA sebagai peringkat kedua. Komisioner KPU Manado pun memberikan apresiasi kepada para saksi pasangan calon yang bersifat kritis, tapi pada akhirnya berjalan aman dan damai. “Terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu terselenggaranya pleno ini,” ujar Komisioner KPU Manado, Amrain Razak SSos.
Rapat pleno ini dipimpin secara bergantian oleh 5 Komisioner KPU Manado, yakni Ketua Jusuf Wowor SIP MSi, Anggota Sunday Rompas ST, Rommy Poli SH MH, Amrain Razak SSos, dan Eugenius Paransi SH MH. Rapat ini juga dihadiri Panwaslu Manado, dipantau secara bergantian oleh Komisioner KPU Sulut dan Bawaslu Sulut. Adapun saksi pasangan Ai-JA dipimpin Vecky Gandey dan Handrie Poae, saksi pasangan GSVL-MOR dipimpin Marthen Manoppo dan James Karinda, sedangkan saksi HJP-Tora dipimpin Novie Lumowa dan Lucky Senduk.
Sementara itu GSVL-MOR usai mendengar hasil pleno, langsung menuju ke GKIC untuk menemui pendukung yang dua hari mengawal proses pleno KPU. Keduanya pun tak bisa menolak ajakan foto bersama, baik dari pendukung sendiri maupun pendukung pasangan calon lain. “Makase, samua untuk Manado yang torang cinta bersama,” ujar GSVL dengan senyum khasnya.(dsw)

Selengkapnya baca juga SKH Swara Kita edisi Jumat 26 Februari 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment