Berita Terbaru

Friday, February 19, 2016

Pilkada Manado, “Cuma siap menang mar tako kalah”
by Unknown - 0

MANADO, SMCOM—Mayoritas lembaga survei dan hasil perhitungan resmi Pilkada Manado menempatkan pasangan GS Vicky Lumentut dan Mor D Bastiaan (GSVL-MOR) sebagai pemenang. Hasil pleno PPK di tingkat Kecamatan juga menunjukkan hal yang sama, dimana perolehan suara pasangan calon yang diusung Partai Demokrat dan PKPI ini berada di atas pasangan Harley Mangindaan-Jemmy Asiku (Ai-JA) dan Hanny Joost Pajouw-Tony Rawung (JHP-Tora).
Namun sampai Jumat (19/2/2016) siang ini, tim dan pendukung pasangan calon tertentu masih mengklaim kemenangan, bahkan diduga melakukan propaganda. Hal ini mengundang banyak reaksi masyarakat. Publik pun mempertanyakan komitmen para calon saat mengungkapkan “siap menang dan siap kalah” saat deklarasi kampanye damai beberapa waktu lalu yang digagas KPU Manado, serta dihadiri semua pasangan calon, pendukung, Muspida Manado, serta Panwas Manado.
“Calon dan pendukung waktu itu menyatakan ‘siap menang dan siap kalah’. Tapi setelah melihat hasil perolehan suara saat ini, komitmen itu pudar. Ternyata dorang cuma siap memang mar tako kalah kote,” ujar Romel Nayoan dan Verdinand Manoppo, warga Mahakeret Timur.
Sementara, pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka mengajak masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan kabar, isu dan wacana yang dibentuk akhir-akhir ini terkait klaim-mengklaim perolehan suara. “Pleno resmi di KPU Manado. Kalapun calon dan pendukungnya mengklaim kemenangan, itu wajar saja. Namun masyarakat jangan terpancing, supaya Pilkada Manado yang berlangsung panas ini, tetap membuat Manado kondusif,” ujarnya.(dsw)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment