Berita Terbaru

Thursday, February 18, 2016

Penipuan via medsos marak, kali ini nama Camat Tikala dicatut
by donwu - 0

Ini dia FB palus meggunakan nama Muhammad Sofyan.
MANADO, SMCOM—Kasus penipuan melalui media sosial (medsos) semakin marak terjadi di Indonesia. Modusnya, pelaku menggunakan Facebook (FB) sebagai sarana untuk menipu orang. Nama-nama orang penting pun dipakai untuk memikat calon korban.
Kali ini terjadi di Manado, nama Camat Tikala Muhammad Sofyan digunakan pelaku untuk menipu. Dalam status FB palsu ini, pelaku seolah-olah adalah pemilik nama FB ini. Bahkan sejumlah foto pun diambil dari FB Sofyan kemudian di-upload kembali untuk meyakinkan calon korban.
Sore ini, Kamis (18/2/2016) kebetulan wartawan yang diajak berteman oleh pelaku. Setelah diterima, koban mulai melancarkan aksinya untuk menipu. Dalam pesan yang dikirimnya, awalnya pelaku seolah-olah akrab dengan menanyakan kabar. Setelah dijawab, pelaku kemudian langsung berani meminta dikirimkan pulsa ke nomor HP yang dikirimnya 082254626491. Pelaku mengaku dirinya sementara di RS Siloam Balikpapan, dan tak bisa kemana-mana, sehingga banyak yang harus dihubungi.
Camat Sofyan (yang asli) yang kemudian dihubungi wartawan baru-baru ini terkejut mendengarnya. “Saya tidak pernah bikin FB baru. Saya juga tidak sementara di rumah sakit apalagi di Balikpapan. Saya di Manado ini lagi memantau proses pascapilkada,” ujar Sofyan (asli). Rupanya Sofyan palsu itu sudah melakukan hal yang sama kepada rekan-rekan saya yang dia invite. Rekan-rekan saya juga sudah menghubungi langsung ke saya menanyakan kebenarannya,” ungkap Sofyan.
Dirinya pun mengaku akan mengusut siapa pemilik FB palsu tersebu dan segera melaporkan hal ini kepada pihak berwajib supaya diusut. “Saya himbau rekan-rekan jangan termakan dengan tipuan ini,” tandas Sofyan.(dsw)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment