Berita Terbaru

Wednesday, February 10, 2016

PAW Panwas Manado dilantik, tugas utama sukseskan Pilkada 17 Februari 2016
by donwu - 0

Sukseskan Pilkada Manado 17 Februari 2016.
MANADO, SMCOM—Kekosongan Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Manado akhirnya terisi. Dimana Rabu (10/2/2016) pagi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut melantik pergantian antar waktu Panwas Pilkada Manado, yakni Jurike Kaeng, Vonny Palar, dan Roy Rompis. Ketiganya menggantikan Sjane Walangare, Stenly Walandouw, dan Roy Laya yang diberhentikan oleh Bawaslu RI pada 27 Oktober 2015 lalu. Pelantikan yang dilakukan di kantor Bawaslu Sulut, Kelurahan Winangu, kemudian mempercayakan Yurike Kaeng yang juga mantan Panwas Pemilu 2014 ini sebagai ketua.
Komisioner Bawaslu Sulut Johny Suak SE MSi yang dimintai keterangannya mengatakan bahwa pengisian kekosongan Panwas Manado ini mengacu perintah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), yang tugas utamanya menyukseskan pelaksanaan Pilkada Manado yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) digelar 17 Februari 2016 pekan depan. “Panwas yang baru dilantik tadi (kemarin, red). Tugas mereka menyukseskan Pilkada Manado. Ini perintah DKPP,” ujar Suak saat dikonfirmasi via telepon selular.
Seperti diketahui, diberhentikannya Walangare, Walandouw, dan Laya sebagai Panwas Manado oleh Bawaslu RI karena mereka dianggap mengabaikan hasil konsultasi Bawaslu Sulut dan Bawaslu RI untuk terlebih dahulu menunggu konfirmasi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) atas masalah yang saat itu terkait Jimmy Rimba Rogi. Saat itu Komisioner Bawaslu RI Muhamad Nasrullah menilai kalau Panwas Manado telah secara nyata melanggar aturan dan instruksi Bawaslu RI, dimana bukannya mematuhi untuk menunggu hasil dari Kemenkumham, Panwas justru mengeluarkan rekomendasi dan menyatakan Imba telah memenuhi persyaratan ikut Pilkada Manado.(dsw)

Selengkapnya bisa dibaca di SKH Swara Kita dan e-Paper www.swarakita-manado.com edisi Kamis 11 Februari 2016.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment