Berita Terbaru

Wednesday, February 3, 2016

Mendagri: Kami ikuti yang diputuskan KPU
by donwu - 0

Mendagri Tjahjo Kumolo.
JAKARTA—Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang tertunda karena masalah hukum harus secepatnya diselesaikan. Penegasan Mendagri ini mengisyaratkan salah satunya pelaksanaan Pilkada Manado yang masih berpolemik soal anggaran. "Seiring perjalanan, ada daerah yang tertunda masalah hukum, sengketa pilkada yang diproses, maka ya kami ikuti yang diputuskan KPU. Itu prinsip Kemendagri," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.
Dirinya berharap, pelaksanaan Pilkada Manado yang telah dijadwalkan KPU Manado segera dilakukan, supaya Walikota dan Wakil Walikota terpilih bisa dilantik Maret 2016, selang sebulan setelah pelantikan kepala daerah yang tidak bersengketa. Tjahjo menuturkan, saat ini pihaknya tengah mengkaji aturan-aturan yang berkaitan dengan proses dan masa jabatan kepala daerah. “Semangat pilkada serentak harus diikuti dengan pelantikan kepala daerah terpilih secara serentak,” ujarnya.
Tjahjo mengaku telah meminta Sekretaris Negara Pratikno untuk mencari alternatif waktu pelantikan bagi kepala daerah yang masih bersengketa maupun tidak bersengketa. "Apabila memungkinkan, antara 9-15 Februari bagi daerah yang sudah selesai, bagi daerah yang sengketa, pertengahan Maret. Ada juga 23 (kepala daerah) yang baru selesai Juni, mungkin enggak ditarik mundur?" katanya. Jika tidak bisa diundur, imbuh Tjahjo, maka ia tidak mempermasalahkan, asalkan waktu pelantikan jangan sampai mengganggu proses pengambilan keputusan politik dan pelaksanaan program penyerapan anggaran. "Bagaimana pelaksanaan proyek, kan Presiden ingin Januari (proyek dan tender) sudah dimulai," katanya.(cnn)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment