Berita Terbaru

Monday, February 8, 2016

Dilarang beraktivitas radius 6,5 KM dari Soputan
by donwu - 0

Gunung Soputan sejak Sabtu (6/2/2016) kembali beraktivitas memuntahkan abu vulkanik.(foto: stenlypow/sk)


MITRA, SMCOM—Awal 2016 lalu, gunung Soputan meletus. Dan setelah sebulan beristirahat, gunung api yang terletak di tiga wilayah kabupaten yakni Mitra, Minsel dan Minahasa, pada Sabtu (6/2/2016) akhir pekan lalu, kembali beraktivitas memuntahkan abu vulkanik.
Jika awal Januari lalu abu vulkanik Soputan menutupi 3 Desa di Pangu Raya Kecamatan Ratahan Timur, kali ini abu vulkanik hasil letusan dari salah satu gunung teraktif di Indonesia, menutupi Kecamatan Pasan, sebagian Kecamatan Ratahan, Kecamatan Belang, sebagian Kecamatan Pusomaen dan Kecamatan Ratatotok. "Yang paling kena dampaknya adalah Kecamatan Pasan, Desa Rasi dan Kecamatan Belang," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, Jopi Mokodaser SH, Senin (8/2/2016) sore.
Dengan kondisi ini, lanjut dia, aktivitas Soputan masih siaga Level 3, sehingga warga masyarakat yang berada di dekat gunung tersebut untuk sementara dilarang beraktivitas di radius 6,5 kilometer dari kaki Gunung Soputan. "Saat ini aktivitas Soputan sudah turun, namun kami tetap memperingatkan warga untuk selalu waspada," tegasnya. Ditambahkanya, BPBD Mitra terus melakukan pemantauan di lapangan, dan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan dampak bencana, masing-masing Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan juga TNI/Polri.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra, dr Rini Tamuntuan, yang juga ditanya soal pembagian masker, menyatakan sudah membagikan kepada masyarakat di wilayah yang terkena dampak letusan. "Kami sudah turun membagikan masker, sudah ada sekitar 5000-an. Dan juga sudah mendirikan posko bencana di tiga titik, masing-masing di Kecamatan Pasan, Desa Rasi dan Kecamatan Belang,” ujarnya.(pow)


Selengkapnya bisa dibaca di SKH Swara Kita dan e-Paper www.swarakita-manado.com edisi Selasa 9 Februari 2016.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment