Berita Terbaru

Friday, February 19, 2016

Diduga saksi Ai-JA yang rusak kotak suara, difoto, kemudian dishare ke medsos
by Unknown - 1

KPPS Sario saat memberikan keterangan.
MANADO, SMCOM-Pleno penghitungan suara di Kecamatan Sario, Jumat (19/2/2016) siang ini sempat tegang. Permasalahannya adalah segel kotak suara sudah dirusak. Diduga Marvil Budiman dan Yudi Sangkay, yang diketahui tim saksi pasangan Harley Mangindaan-Jemmy Asiku (Ai-JA) pun mencak-mencak. Keduanya menyebut kalau terjadi kecurangan. Kondisi kotak suara rusak tersebut pun diduga difoto, kemudian disebar ke media sosial (medsos), seolah-olah terjadi kecurangan.
Ceritanya, saat pleno dilakukan, oknum diduga saksi Ai-JA ini disebut entah ada maksud apa kemudian mendekati kotak suara. Beruntung aksi tak terpuji yang diduga dilakukan keduanya diperogi. Ketua KPPS Kelurahan Sario Marlina Mandey, dan anggotanya Julia Giroth memberikan klarifikasi. “Kami lihat sendiri kedunya. Kami tegur, tapi mereka cuek. Kami tanya apa maksud mereka di kotak suara itu,” ungkap Mandey.
Lanjut Mandey, ketika dirinya melihat ternyata segel kotak suara dan kertas penutup kotak suara telah rusak. “Segel dorang cabut. Kertas (berlogo KPU di lubang kotak suara, red) dirobek. Rupanya usai merusak kotak suara itu, mereka cepat-cepat mengabadikan dengan kamera HP, kemudian disebar ke medsos. Jadi dorang provokasi seolah-olah Pilkada ini ada masalah. Padahal dorang sendiri yang bikin,” tegas Mandey.
Ditambahkan Giroth, saksi pasangan calon sebenarnya tidak dibenarkan mendekati apalagi menyentuh kotak suara. “Memang dua saksi itu kami sudah curigai sejak awal,” kata Giroth. Kasus seperti yang terjadi di Kelurahan Sario ini ditakutkan terjadi juga di TPS-TPS lainnya. Keduanya memberikan keterangan pers karena apa yang dilakukan oknum saksi Ai-JA tersebut seolah-olah menyalahkan penyelenggaran pilkada.
Diketahui, tak hanya in kegaduhan yang terjadi, Ketua Dekot Manado Noortje Van Bone yang memantau proses pleno pun diduga diusir oleh saksi Ai-JA tersebut.(dsw)


« PREV
NEXT »

1 comment

  1. kalo ada saksi bagitu kypa nda suruh tangka dang pa polisi disitu? ato panwas yg lokuu..
    astagaaa anehh skali ini org yg posting ni brita..
    kan malo toh nanti klo sampe ini berita nda benar, jaga nama baik toh..

    ReplyDelete