Berita Terbaru

Monday, February 1, 2016

Belum yakin, ROR ajak KPU konsultasi lagi ke Kemendagri
by donwu - 0

Royke Roring.
MANADO, SMCOM—Pemkot Manado dan KPU Manado menggelar rapat secara tertutup membahas kelanjutan Pilkada Manado, di ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota Manado, Tikala, Senin (1/2/2016) malam.
Belum diketahui hasil rapat tersebut, namun Komisioner KPU Amrain Razak mengakui kalau rapat tersebut belum ada hasil. “Masih akan konsultasi lagi (ke Kemendagri, red),” ujar Amrain dihubungi tadi malam via telepon selular. Konsultasi ini akan dilakukan bersama-sama antara KPU, Bawaslu Sulut, Pemprov Sulut, Pemkot Manado, dan Pimpinan Dekot Manado. “Kita akan ke Jakarta ke Kemendagri, kalau tidak besok, lusa,” ungkap Amrain.
Dengan masih akan dilakukan konsultasi ke Kemendagri, maka bisa dikata kalau Penjabat Walikota Roryke O Roring (ROR) dan Sekkot MHF Sendoh belum yakin hasil konsultasi yang dilakukan Dekot Manado di Kemendagri akhir pekan lalu. Padahal sudah dengan jelas Kemendagri memberikan lampu hijau pelaksanaan Pilkada Manado terkait penganggaran mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 44 Tahun 2015. Bahkan pekan lalu, Penjabat Gubernur Sulut Dr Soni Sumarsono MDM yang juga pejabat Kemendagri sudah menjelaskan aturan penggunaan anggaran ini kepada Sekkot Manado.
Sebelumnya di hari yang sama, usai acara pelantikan TP-PKK Manado di Aula Serbaguna Kantor Walikota, Penjabat Walikota belum mau bicara soal pelaksanaan pilkada yang sudah ditetapkan KPU 17 Februari 2016. “Saya belum mau bicara soal kapan pelaksanaan pilkada, nanti saja,” ujar Roring dengan dengan entengnya. 
Asisten I bidang Pemerintahan Pemkot Manado Drs Josua Pangkergo MAP, Penjabat Walikota Manado sudah berulang kali menegaskan mendukung tahapan Pilkada Manado dilanjutkan. “UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada dan peraturan terkait lainnya termasuk Permendagri Nomor 44 Tahun 2015 tentang Anggaran Pilkada dan Permendagri Nomor 52 Tahun 2015 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2016 sudah dikaji oleh Pemkot Manado. Sikap dukungan kami tentu dibarengi dengan kehati-hatian agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” ujar Pangkerego.
Ketua Dekot Manado Noortje Van Bonne dan sejumlah legislator Manado telah melakukan konsultasi di Kemendagri akhir pekan lalu. hasilnya, oleh Kemendagri meminta Pemkot Manado untuk merujuk Permendagri Nomor 44 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Gubernur/Wagub, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota. “Disitu disebutkan, penggunaan belanja hibah itu dilaporkan atau dilakukan dilakukan paling lambat 3 bulan setelah berakhirnya seluruh tahapan kegiatan pemilihan. Dengan dasar ini berarti Pemkot tak harus menunggu audit BPK lagi untuk melakukan pergesaran. Itu inti hasil konsultasi kami di Kemendagri,” tandas Van Bone.
Soal anggaran, ditambahkan Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat Anita De Blouwe, Dewan siap bahas untuk dilakukan pergeseran demi suksesnya Pilkada Manado ini. “Setelah mendengar arahan dari Kemendagri, menurut teman-teman tidak lama bahas pergeseran anggaran. Hanya satu jam dibahas. Sekarang tinggal dari niat untuk menyukseskan Pilkada Manado ini,” ujarnya.(dsw/wan)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment