Berita Terbaru

Tuesday, January 19, 2016

RZWP3K, Ranperda "Banci" DPRD Sulut, Reklamasi Pantai Berlanjut
by noberd losa - 0

MANADO,SMOMCOM - Pasca dikeluarkannya undang-undang Nomor 23 tahun 2014, DPRD Sulut bersama pemerintah provinsi membentuk Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau kecil (RZWP3K).

Belum saja terbentuk, sayangnya Ranperda tersebut diragukan 'kesaktiannya' bahkan ditakutkan hanya menjadi Ranperda 'Banci'.

Dalam rapat antara Pansus dan Kelompok Kerja (Pokja) Selasa (19/1/2016) siang di Ruang Rapat I DPRD Sulut, Anggota Pansus Edison Masengi meragukan ketegasan Ranperda tersebut.

Pasalnya, Reklamasi pantai yang dilakukan para investor cenderung berlanjut.

"Ini memalukan, Ranperda dalam tahap pembahasan namun heran reklamasi tetap berlanjut, jangan sampai Ranperda ini disebut sebagai Ranperda Banci," kata Masengi.

Lebih lanjut, Masengi yang juga Ketua Fraksi Golkar menegaskan pembangunan tidak berwawasan lingkungan dengan reklamasi yang  terus dilakuan berakibat pada rusak lingkungan dan masa depan anak cucu.

Menanggapi ini, Anggota Pokja RZWP3K Roy Mewoh yang juga Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut menolak menghentikan reklamasi pantai.

"Ijin reklamasi yang sedang berlanjut saat ini telah diberikan sejak belum keluarnya UU Nomor 23 Tahun 2014, kecuali Ranperda RZWP3K telah disahkan barulah reklamasi dihentikan," pungkas Mewoh.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment