Berita Terbaru

Thursday, January 21, 2016

Menteri Perdagangan: Listrik hambat KEK Bitung
by donwu - 0

Thomas Trikasih Lembong.
JAKARTA—Paket kebijakan ekonomi keenam Indonesia yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir 2015 lalu ternyata tidak seketika memperderas investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pasalnya, sejumlah KEK belum ditopang dengan infrastruktur yang memadai, salah satunya KEK Bitung.
Bahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong mengatakan, dirinya telah melihat KEK di Bitung, dan menemukan kendala utama adalah masih kurangnya pasokan listrik. "Saya mulai melihat detail apa sebenarnya kendala di KEK. Kalau di Sulawesi Utara jelas sekali listrik," kata Lembong di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.
Pria Manado ini juga mengaku juga mengamati pelabuhan dan aktivitas pelayaran di Sulut. Ia ingin transportasi laut di wilayah KEK berjalan seimbang antara bahan baku yang masuk dengan produk jadi yang didistribusikan ke luar. "Harus beriringan, tidak bisa produksi tanpa prasarana transportasi," ujarnya. Untuk menyelesaikan kendala infrastruktur termasuk pasokan listrik, kata Lembong, pemerintah terbuka pada opsi melalui angaran negara, investasi dengan insentif, maupun public private partnership.(kom)

Selengkapnya bisa dibaca di SKH Swara Kita dan e-Paper www.swarakita-manado.com
Edisi Kamis, 20 Januari 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment