Berita Terbaru

Monday, January 4, 2016

Masuk Zona Merah Keamanan, Polres Manado Mampu Amankan
by Noberd Losa - 0

MANADO,SMO.COM - Torehan prestasi berhasil diraih oleh Kapolres Manado Kombes Pol Rio Permana berhasil menjaga keamanan Manado selama perayaan Natal dan Tahun baru.

Wakil Ketua Komite I DPD RI Benny Rhamdani mengatakan selama perayaan hari raya keagamaan Natal dan Tahun baru beberapa waktu lalu tidak mudah menjaga stabilitas di kota Manado.

"Sulut sebenarnya masuk daftar pengawasan pemerintah pusat selama peryaan Keagamaan di bulan desember lalu, karena masuk daftar 11 Provinsi zona merah keamanan, namun hebatnya Polres Manado mampu menjaga dan mengamankan tanpa membuat resah warga Manado," ucap Benny Rhamdani.

Mantan ketua Ansor - Banser Sulut ini bahkan mengatakan, selama ketegangan keamanan dibulan Desember lalu, Manado lewati ujian berat.

"Dibalik ketegangan dan kesiapan pengamanan Zona Merah oleh aparat Polresta Manado, keunikan keberhasilan lain yang berhasil dilalui adalah momen Pilwako yang tak menentu yamg berimbas pada pengerahan dan mobilisasi massa besar-besaran," jelas Rhamdani.

Meskipun terjadi mobilisasi aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon walikota Manado, namun semu terjaga, suara politik warga tersampaikan dan keamanan terjaga.

"Keunikan lainnya, Sulut yang khususnya warga kota Manado menjalankan perayaan Ibadah Natal, tetap terjaga tidak seperti daerah lain yang masuk zona merah keamanan," kata Rhamdani.

Dan yang terpenting menurutnya adalah menurun drastis angka kriminalitas dan panah wayer yang marak terjadi beberapa tahun terakhir.

"Menjaga keamanan dengan jumlah aparat yang terbatas, tidak mudah, ini karena leadership seorang Kapolres Manado," tegas Rhamdani.

Menurutnya, Kombes Pol Rio Permana memiliki "Magic" tersendiri bagi warga Manado karena kemampuan kepemimpinan yang kurang dimiliki oleh Kapolres lainnya.

"Paham Politis daerah sudah biasa, Jiwa kepemimpinan sudah biasa, namun untuk paham Sosilogis warga itu yang susah dijalani, sementara Kombes Pol Rio Permana mampu melakukannya," ungkap Rhamdani.

Kata Rhamdani, Paham Sosiologis Kapolres Manado dapat dibuktikan dengan kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi dengan semua kompone warga tanpa adanya pembatasan jabatan.

"Dia mampu menjaga ini, maka tak heran warga Manado merasa aman dan nyaman dengan aparat kepolisian bahkan diback up oleh tokoh masyarakat dan tokoh Agama," tandas Rhamdani.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment