Berita Terbaru

Sunday, January 24, 2016

KPU: Dalam UU, Pemkot Manado wajib fasilitasi anggaran Pilkada 17 Februari 2016
by donwu - 0

Sosialisasi KPU Manado tentang pelaksanaan Pilkada Manado susulan 17 Februari 2016.(foto: donny)
MANADO, SMCOM—Masyarakat Manado akhirnya mendapatkan kejelasan kapan pelaksanaan Pilkada Manado. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hari H pemungutan suara digelar Rabu, 17 Fabruari 2016 mendatang. Keputusan ini sudah secara resmi diumumkan KPU Manado kepada 3 pasangan calon dalam acara sosialisasi dan penyampaian Keputusan KPU Manado Nomor 01/Kpts/KPU-Mdo-023/Pilwako/2016 tentang Perubahan Atas Keputusan KPU Manado Nomor 01/Kpts/KPU-Mdo-023/Pilwako/2015 tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado tahun 2015, di Hotel Swissbell Manado, Sabtu (23/1/2016) malam.
Oleh KPU Manado memastikan kalau Pilkada Manado 17 Februari 2016 sudah harga mati, karena sudah melalui proses sesuai peraturan. “Kami telah melakukan konsultasi ke KPU RI didampimgi KPU Provinsi. Setelah membawa semua apa yang menjadi permintaan, maka sudah diputuskan bahwa Pilkada Manado dilaksanakan Rabu 17 Februari 2016. Sebelum memutuskan tanggal ini, ada banyak hal dan masukan. Jadi sebagaimana sudah dilaksanakan sebelumnya, sesungguhnya Pilkada ini adalah kategori Pilkada 9 Desember 2015. Jadi semua tahapan sudah kita lalui waktu lalu, dan 17 Desember 2016 tinggal pemungutan dan penghitungan suara,” jelas Ketua KPU Manado Jusuf Wowor.
Bagaimana dengan anggaran? Untuk pelaksanaan Pilkada Manado ini KPU Manado membutuhkan anggaran Rp8 miliar. “Anggaran ini yang akan kita butuhkan. Dan untuk memenuhinya ada satu klausul dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD),” ujar Ketua Divisi Logistik dan Anggaran, Eugenius Paransi.
Diungkapkannya pula, KPU Manado sudah melakukan konsultasi dengan Penjabat Walikota Royke Roring beberapa hari lalu soal anggaran ini. “Tentunya pemerintah kota di dalam undang-undang wajib memfasilitas kegiatan-kegiatan pilkada, karena siklus pilkada ini lima tahun sekali dan anggaran ini harus diprioritaskan. Mungkin anggaran ini tidak tertata dalam APBD 2016, sehingga pemerintah perlu melakukan pergseran anggaran. Upaya KPU sebagai pelaksana pilkada tetap dengan sikap pelaksanaan ini (Pilkada 17 Februari 2016, red). Ini jelas bagi kita supaya Pemkot Manado segera, karena ini sudah running dengan tahapan, dan anggaran ini harus segera digenjot tentunya dengan persetujuan Dekot,” tegas Paransi.
Sekretaris KPU Manado Novi Kandowangko menambahkan, permintaan Pemkot Manado agar KPU Manado segera memasukkan laporan pertanggung jawaban (LPJ) penggunaan anggaran sebelumnya, sudah dipenuhi. “Kami sudah secara resmi, baru-baru ini, telah menyampaikan laporan keuangan KPU dan juga dilakukan tembusan kepada KPU Provinsi dan Mendagri, untuk agar supaya ada dukungan dana dari Pemkot Manado,” ungkap Kandowangko. “Dan kita tetap optimis bahwa Pemkot Manado akan menyediakan anggaran, sehingga KPU Manado sudah menetapkan hari H pemungutan suara 17 Februari 2016,” tambah dia.(dsw)

Selengkapnya bisa dibaca di SKH Swara Kita da e-Paper www.swarakita-manado.com
Edisi Senin, 25 Januari 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment