Berita Terbaru

Wednesday, January 27, 2016

Komisi II bersama Dinas Perkebunan Perjuangkan Bibit Unggul Lokal
by noberd losa - 0

MANADO,SM.COM - Bibit Unggul Komoditi Cengkih, Pala dan Cacau asal Sulut dinilai memiliki kwalitas yang terbaik, namun herannya untuk pembibitan selalu diambil dari luar daerah.

Menyikapi ini, Komisi II DPRD Sulut bersama Dinas Perkebunan melakukan Rapat Dengar Pendapat pada Rabu (27/1/2016) guna mencari solusi pemanfaatan bibit unggul lokal.

Langkah ini diambil mengingat di APBD Sulut 2016 ini, Dinas Perkebunan melakukan pengadaan sebanyak 243 ribu bibit cengkih dan pala serta 200 ribu kelapa, namun herannya bibit ini diwajibkan berasal dari luar daerah.

Komisi II dibawah pimpinan Marlina Moha Siahaan menegaskan Dinas Perkebunan mencari solusi agar pengadaan bibit tersebut harus diambil lewat petani Sulut.

"Petani Sulut harusnya bisa memiliki nilai tambah dengan ini bukan dinikmati petani luar daerah," tegas Moha.

Menanggapi ini, Ricky Tumandoek Kepala Finas Perkebunan Sulut mengatakan tak dapat berbuat lebih karena untuk pengadaan bibit diatur oleh pemerintah pusat.

"Kami hanya menjalankan peraturan, namun ini memang merugikan kita, kami minta adanya langkah politik dar DPRD Sulut agar bersama-sama perjuangkan ke pemerintah pusat," Kata Tumandoek.

Hasil Hearing ini memutuskan akan menghadap Dirjen Perkebunan agar memberikan solusi terbaik bagi petani Sulut.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment