Berita Terbaru

Tuesday, January 12, 2016

Jabatan Kepsek SMKN 4 Manado Ditangguhkan, Roring Tunjuk Plh Kepsek
by Unknown - 0

Royke Roring.
MANADO, SMOcom—Penjabat Walikota Manado Royke O Roring (ROR) menyikapi kisruh yang terjadi di SMKN 4 Manado. Karenanya, Selasa (12/01/2016) siang, Roring memanggil Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Manado Corry Tendean, Kepsek setempat Jeane Sanger serta sejumlah guru sekolah tersebut, rapat terbatas di ruangan Walikota di Lt.II Kantor Walikota Manado, Jl Balaikota Tikala. “Dari apa yang kami dengarkan tadi, baik dari guru maupun Kepsek, serta pengawas dari Diknas yang ditunjuk menjadi Kepsek beberapa bulan terakhir, memang sepertinya sudah sulit dipertemukan. Saya menilai tentu ada salah paham sebelumnya,” ujar Roring ditemui di ruang kerjanya usai rapat.
Terkait masalah tersebut, yang sangat disesalkannya yaitu mengikutkan para siswa dalam masalah ini, sampai pada aksi mogok belajar. “Saya tidak mau anak-anak yang jadi korban,” tandasnya, seraya mencurigai juga ada oknum yang menggerakkan aksi pelajar tersebut. “Murid-murid tidak akan bergerak kalau tidak ada yang menggerakkan, dan itu jelas,” ujar Roring. Dikatakannya, persoalan seperti ini, kalau terjadi ketidakpuasan harusnya proses yang dilakukan adalah membahas bersama-sama dan mencari solusi. “Tetapi dari apa yang saya dengar tadi (kemarin, red) dari dua belah pihak, ada hal-hal yang perlu diperbaiki,” kata dia.
Untuk itu, Roring pun langsung mengambil langkah menangguhkan jabatan Sanger sebagai Kepsek SMKN 4. “Itu langkah yang kita ambil, Kepsek (Sanger, red) untuk sementara ditangguhkan, sambil menunggu keputusan lebih lanjut. Artinya mulai besok (hari ini, red) ada Pelaksana Harian (Plh) Kepsek, sambil menunggu ada pengangkatan Kepsek yang akan dikaji lebih lanjut. Kepsek (Sanger, red) akan kita tarik, dan kita akan tempatkan Plh untuk kelancaran kegiatan belajar-mengajar di sekolah tersebut. Besok (hari ini, red) akan dilakukan, dengan himbauan supaya orang tua murid mengajak anak-anaknya untuk sekolah seperti biasa,” tegas Roring seraya belum menyebut siapa Plh Kepsek yang akan ditempatkan. “Lihat saja besok (hari ini, red),” tutup birokrat yang juga menjabat Kepala Bappeda Pemprov Sulut ini.
Diketahui, ratusan siswa  SMKN 4 Manado sejak Kamis (07/01/2016) pekan lalu menggelar aksi demo di halaman sekolah. Selain berorasi mereka juga mengusir Jeane Sanger dari sekolah. Pengusiran itu dipicu kemarahan siswa dan guru terkait kebijakan Diknas Manado yang menempatkan kembali Sanger di sekolah itu. Padahal sebelumnya, Sanger sempat ditarik dari sekolah itu karena terindikasi menyalahgunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ratusan juta rupiah. Para siswa pun mulai aksi mogok belajar sejak Senin (11/01/2016) dan berencana menggelar aksi ini hingga Sabtu (16/01/2016) akhir pekan ini.(dsw)

Berita terkait: Jeane Sanger Ungkap Ada Provokator di SMKN 4 Manado


Bisa juga dibaca di SKH Swara Kita dan e-Paper www.swarakita-manado.com
Edisi Rabu, 13 Januari 2016. 

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment