Berita Terbaru

Monday, January 11, 2016

Ironis, Provinsi BMR Masih "Omong Kosong"
by Noberd Losa - 0

MANADO,SMO.COM - Sungguh ironis nasib nasib warga Bolmong Raya (BMR) yang sejak beberapa tahun terakhir terus bermimpi akan terjadinya pemekaran.

Satu fakta pahit yang harus diterima, Pemekaran Provinsi BMR tinggalah mimpi, pasalnya janji politik yang terus dikumandangkan tak lebih dari surga telinga.

Pada beberapa waktu lalu, Penjabat (Pj) Gubernur Soni Sumarsono yang juga Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) meyakinkan P-BMR akan terwujud tahun 2016 bahkan Sumarsono menjanjikan Siswa Rachmat Mokodongan sebagai pejabat Gubernurnya.

Namun, ini akan buyar karena ternyata Kemendagri kemudian menyatakan pemekaran daerah dikembalikan kepada DPR RI.

Anggota Komisi I DPRD Sulut Rasky Mokodompit yang juga perwakilan dari BMR memintakan pertanggung jawaban dari Pj Gubernur Sumarsono.

"Sumarsono sebagai Dirjen Otda sudah berulang kali menjanjikan ini kepada warga, jangan mempermainkan kepercayaan kami," ungkap Mokodompit.

Lebih lanjut Mokodompit mengatakan, Sebagai Kepala daerah dan Dirjen Otda, Sumarsono dimintakan untuk mencari solusi terhadap P-BMR.

Untuk diketahui Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Soni Sumarsono di depan delegasi tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari Bolaang Mongondow Raya (BMR), yang dipimpin mantan Ketua Dewan Provinsi Sulut Syachrial Damopolii mengakui Bolmong Raya (BMR) sudah layak jadi daerah otonomi baru (DOB) terpisah dari Sulut.

“Selaku Dirjen, saya jamin jika DOB BMR segera menjadi provinsi. Ini sudah menjadi kebutuhan dari warga Bolmong,” kata Sumarsono di Hotel Swisbell Manado, Minggu (11/10).

Menurut Soni yang sekarang ditunjuk Penjabat Gubernur Sulut, dari persyaratan administrasi, teknis dan fisik kewilayahan, calon DOB BMR dinilai paling lengkap dibanding calon DOB di provinsi lain di tanah air.  

“Ini keunggulan yang kita punya. Secara nasional, saat ini yang mengajukan calon DOB Provinsi sangat sedikit. Se-pulau Sulawesi saja hanya BMR yang diajukan sebagai provinsi baru. Yang banyak ajukan pembentukan kabupaten/kota,” jelasnya. Ditargetkan, tahun depan BMR sudah berdiri sendiri sebagai daerah otonom baru di Sulut. (Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment