Berita Terbaru

Tuesday, January 19, 2016

HUT ke-21 GMIM Immanuel Bailang, Roring: Memberi adalah Karunia
by donwu - 0

Penjabat Walikota Manado Royke Roring bersama istri dan Ketua BPMJ GMIM Imanuel Bailang Pdt Rommie Mocodompis.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Jemaat GMIM Imanuel Bailang Wilayah Manado Utara III, hanyalah sebuah jemaat kecil di wilayah Manado Utara di Kelurahan Bailang. Jemaat yang hanya terdiri dari 3 kolom ini, baru dilayani seorang Pendeta Jemaat sekitar 2 tahun terakhir, meskipun tahun 2016 ini memperingati HUT jemaat ke-21. Tapi siapa sangka, jemaat kecil yang untuk mencapai gedung gerejanya perlu menapaki lebih dari 150-an anak tangga ini mendapat hadiah spesial di hari ulang tahunnya.
Adalah Penjabat Walikota Manado Royke Roring didampingi Ketua TP PKK Manado Fenny Roring-Lumanauw, bahkan tanpa didampingi pejabat SKPD Pemkot Manado, berkenan menjadi khadim dalam ibadah yang berlangsung Minggu (17/1/2016). Roring mengangkat bacaan minggu GMIM yaitu 2 Korintus 8:1-9. Dalam khotbahnya, Roring mengatakan bahwa bacaan Alkitab ini bukan saja menggugah jemaat di Korintus, tapi juga di Jemaat Immanuel Bailang atau untuk semua. 
“Jemaat yang boleh dikatakan jemaat yang berkekurangan, jemaat yang baru 3 kolom. Tetapi dalam usia 21 tahun, di dalam kekurangan, kemurahan Tuhan dinyatakan. Artinya bahwa meski berkekurangan, tetap hidup sebagai jemaat yang saling mengasihi, di mana terbukti saat ini, ibadah syukur kita, bahwa kita boleh merayakan usia 21 tahun sebagai jemaat. Di tengah kekurangan, keterbatasan, dengan tempat jauh, yang menurut Pendeta harus beristirahat karena berjalan jauh. Tetapi inilah, dalam kekurangan kita tetap memberi waktu, tenaga, dan apa yang ada pada kita dalam satu persekutuan pelayanan kepada Tuhan. Itu bukti, kita meyakini, memberi adalah karunia,” ujar Penatua Pria/Kaum Bapa GMIM Bukit Moria Rike ini.
Roring kemudian mengajak jemaat untuk tidak hanya memberi karena berkelebihan, tetapi juga memberi sekalipun dalam kekurangan. “Ini bukti yang juga telah dilakukan oleh jemaat di Makedonia dan Imanuel Bailang. Yang menjadi soal sekarang, masih ada orang yang berkelebihan, tetapi sering sulit untuk membantu orang yang mengalami kesusahan. Bahkan banyak orang yang terpanggil untuk bertanggung jawab secara bersama, tetapi tidak sedikit yang tidak mau peduli dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya, kami juga orang-orang yang banyak masalah, kami juga orang-orang yang banyak pengeluaran, banyak kebutuhan. Tidak ada waktu untuk mengurus orang lain, dan kami orang miskin,” kata dia.
Disinilah jemaat kita diingatkan bahwa tidak ada alasan untuk tidak menolong orang lain, sekecil apapun perhatian dan kepedulian kita. “Orang yang berkekurangan pun dapat kaya dalam kekurangan. Karena itu, mari kita saling menolong yang berkekurangan. Tapi juga yang berkekurangan mari kita bangkit dari keterpurukan. Kemiskinan tidak boleh menghambat orang percaya untuk berbuat baik,” ujarnya. Hadir dalam ibadah tersebut Ketua BPMJ GMIM Imanuel Bailang Pdt Rommie Mocodompis, Lurah Bailang Deky Foke, pelayan khusus, dan tamu jemaat lainnya.(dsw)

Selengkapnya bisa dibaca di SKH Swara Kita dan e-Paper www.swarakita-manado.com

Edisi Rabu, 20 Januari 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment