Berita Terbaru

Saturday, January 23, 2016

Ditetapkan pimpin Sulut, ini pernyataan Kandouw untuk kompetitornya
by donwu - 0

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut terpilih 2016-2021, Olly Dondokambey-Steven Kandouw.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Jalan terjal menuju top eksekutif Sulut telah dilalui pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut terpilih, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK), setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan yang dilayangkan pasangan Benny Mamoto-David Bobihoe melalui Nomor 126/PHP-GUB-XIV/2016 pada Jumat (22/1/2016) kemarin.
Dengan hasil tersebut, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut tidak ingin berlama-lama dengan langsung melakukan dalam rapat pleno terbuka penetapan OD-SK sebaagi pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2016-2021, dalam rapat pleno terbuka yang dilakukan di Hotel Peninsula Manado, Sabtu (23/1/2016) siang.
Dalam kesempatan tersebut, Kandouw mengajak kepada seluruh masyarakat Sulut, bahkan mengajak mantan kompetitor yakni pasangan Maya Rumantir-Glen Kairupan (M&G) dan pasangan Benny Mamoto-David Bobihoe (BeDa) untuk bersama-sama membangun Sulut. “Prinsip saya yang sudah berlalu biarlah berlalu. Mari tatap kedepan kita bangun Sulut. Hilangkan perbedaan karena Ibu Maya, Pak Glen, Pak Benny dan Pak David merupakan orang-orang yang hebat," ujarnya.
Mantan Ketua Deprov Sulut ini pun tak sungkan untuk memuji kedua kompetitornya ini sebagai orang-orang yang luar biasa. “Mereka adalah orang-orang besar dan memiliki pemikiran luar biasa, yang menurut saya akan sangat membantu kami dalam memberikan kontribusi pemikiran bagi saya dan Pak Olly,” puji Kandouw.
Sebelumnya Ketua KPU Sulut Yessy Momongan mengatakan, pleno ini dilaksanakan setelah ditetapkan Keputusan MK. “Dalam proses jalannya sengketa perselisihan hasil Pilkada Sulut di MK semuanya juga berjalan baik,” ujarnya. Hasil pleno ini, lanjut dia, akan melaporkannya ke Deprov Sulut yang kemudian dilegalisasi lewat Rapat Paripurna Istimewa Deprov Sulut Sulut. Selanjutnya dari hasil Rapat Paripurna itu kemudian akan diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri, yang selanjutnya diteruskan kepada Presiden untuk melakukan pelantikan. “Surat hasil pleno penetapan ini akan langsung diserahkan kepada Sekretariat Deprov Sulut untuk diproses lanjut,” kata Momongan.
Rapat pleno yang dipimpin Momongan ini dihadiri Komisioner KPU Sulut yaitu Ardiles Mewoh, Vivi George, Zulkifly Golonggom dan Fachruddin Noh. Turut juga disaksikan Komisioner Bawaslu Sulut, dan para stekholder lainnya. Meski tanpa kehadiran Olly karena sedang berada di luar daerah, namun rapat pleno tersebut tetap berlangsung dengan aman dan sukses. Diketahui dalam Pilkada Sulut lalu, pasangan Olly-SK menang dengan 647.252 suara, diikuti BeDa dengan perolehan 389.463 suara, dan M&G dengan 222.233 suara.(dwa)

Selengkapnya bisa dibaca di SKH Swara Kita da e-Paper www.swarakita-manado.com
Edisi Senin, 25 Januari 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment