Berita Terbaru

Friday, January 22, 2016

Bappeda Manado gelar Forum Konsultasi Publik RKPD 2017 pertama di Sulut
by donwu - 0

Kepala Bappeda Manado Peter KB Assa.(foto: donny/sk)
MANADO, SMCOM—Kamis (21/1/2016) hari ini, Pemkot Manado melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultas Publik, bertempat di Aula Serbaguna Kantor Walikota, Jl Balaikota Tikala. Forum ini digelar dalam rangka penyusunan Rapat Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017, dengan tujuan terus meningkatkan pelayanan publik Pemkot Manado. 
Kegiatan yang dibuka Asisten II Drs Rum Usulu mewakili Pejabat Walikota Manado, menjadi menarik karena baru Manado, daerah di Sulut yang pertama menggelar Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD 2016 ini. Hal ini menurut Kepala Bappeda Manado, Peter KB Assa ST MSc PhD, karena pihaknya menjalankan  aturan sesuai Permendagri Nomor 54 Tahun 2010. “Forum ini pertama di Sulut. Bappeda Manado berupaya untuk melaksanakan proses perencanaan sesuai mekanisme dan tepat jadwal sebagaimana diatur dalam Permendagri 54 Tahun 2010," ujar Assa.
Lebih jauh Dokrot jebolan Universitas di Jepang ini menjelaskan bahwa betapa pentingnya keterlibatan semua peserta forum konsultasi dalam kegiatan ini. “Kiranya kita dapat memberikan pemikiran yang positif dan konstruktif terhadap pembangunan di Manado melalui forum konsultas publik ini. Berbagai masukan, koreksi bisa disampaikan, mulai dari para akademisi, pimpinan SKPD hingga lurah diharapkan memberikan kontribusi pemikirannya untuk kita formulasikan kedepan,’’ ujar Assa dalam laporannya di hadapan peserta.
Assa juga menyampaikan bahwa kegiatan ini berakhir dengan adanya penandatanganan berita acara kesepatakan pembangunan. Sekedar diketahui, dasar pelaksanaan kegiatan disesuaikan pada Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang terkait keterbukaan informasi publik, Undang-Undang tentang Pemerintah Daerah serta Peraturan Menteri yang terkait dan juga sesuai Perda Manado. “Semoga ini menjadi spirit bagi kita untuk menjadikan Manado kedepan lebih baik lagi,” ujar Assa.
Sementara itu, Asisten II dalam sambutannya menyampaikan kiranya penyusunan RKPD Manado tahun 2017 ini sebagai dasar pembangunan Manado kedepannya. “Forum ini akan menjaring seluruh aspirasi kita semua dalam rangka pembangunan Manado. Selain itu, forum konsultasi publik ini juga menjadi peletak dasar pembangunan, mari kita berpartisipasi memberikan sumbangsih pikiran demi kemajuan kita bersama,’’ tuturnya. Adapun peserta acara ini antara lain Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Pimpinan Dekot, Tim Penggerak PKK, Akademisi, Ketua FKUB, MUI, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, serta pers.(dsw)

NARASUMBER FORUM KONSULTASI PUBLIK RKPD 2017

1. Peter KB Assa ST MSc PhD: Isu Strategis dan Konsep Kebijakan Prioritas Pembangunan Kota 2017
2. DR dr Taufik Pasiak: Strategi Program dan Kegiatan Implementasi Revolusi Mental bagi Aparatur Pemerintah dan Masyarakat Manado
3. DR dr Joy Rattu: Masyarakat Sehat sebagai Aset Daya Saing Kota
4. DR Ir Veronica Kumurur: Menjadikan Manado Kota Layak Huni yang Berwawasan Lingkungan sebagai Pilar Pembangunan Kota Berkelanjutan
5. DR Ir Vecky C Poekoel MEng: Optimalisasi TIK dalam Mewujudkan Manado Kota Cerdas

Selengkapnya bisa dibaca di SKH Swara Kita dan e-Paper www.swarakita-manado.com
Edisi Jumat, 22 Januari 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment