Berita Terbaru

Thursday, January 14, 2016

70 Ribu UMKM Wong Cilik Sulut Akan Bangkrut Digilas Indomaret - Alfamart
by noberd losa - 0

MANADO,SMO.COM - Jaringan ekonomi modern Indomaret dan Alfamart yang diprediksi anggota DPRD Sulut Jems Tuuk akan membunuh sedikitnya 70 ribu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sulut akhirnya mulai terbukti.

Pada tahun 2014 silam, Jems Tuuk telah mengeluarkan pernyataan tegas penolakan masuknya Indomaret dan Alfamart ke Sulut karena akan berdampak buruk terhadap UMKM.

"Kaum Wong Cilik akan tergilas, sedikitnya 70 ribu UKM gulung tikar, kredit usaha dan perbankan akan mandek, Pemda (Pemerintah Daerah,Red)  harus menolak ini," kata Tuuk.

Ketakutan tersebut akhirnya mulai terbukti,
Dalam Paripurna Buka Tutup Sidang DPRD Sulut pada Kamis (14/1/2016) siang tadi, Denny Sumolang dari daerah pemilihan Kota Bitung melaporkan ternyata sudah 48 warung gulung tikar alias bangkrut.

"Sesuai laporan selama reses di Kota Bitung sudah 48 warung tutup larena warung ini tergantung hutang piutang, pemilik warung sudah lari keluarganya ditinggalkan karena imbas Indomaret dan Alfamart yang harganya lebih murah dari warung, bahkan dari toko dan distributor.” kata Sumolang.

Lebih lanjut dikatakannya, Ijin usaha dari kapitalis perlu dikoreksi, jangan mengejar setoran Indomaret dan Alfamart ke Pemda.

"Saya dapat informasi ada prosentase dari instansi terkait bagi yang memberi ijin. Dari mimbar ini kami memohon 48 warung yang tutup dikejar hutang pitung lari meninggalkan keluarga. Jangan hanya karena target setiap unit pembangunan Indomaret dan Alfamart memberi keuntungan bagi pihak tertentu,” tegas Sumolang.

Menanggapi ini, Penjabat (Pj) Gubernur Soni Sumarsono,MDM menjelaskan pengoperasian jaringan ekonomi raksasa yang dibangun Indomaret dan Alfamart sudah tak terbendung, yang harus dilakukan adalah dengan evaluasi kembali.

"Evaluasi harus segera dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Kota dalam pemberian ijin kepada Indomaret dan Alfamaret, yang tercepat dengan melakukan pembatasan ijin pendirian titik operasi, jangan sampai berada diwilayah UKM warga agar bisa sama-sama menguntungkan," Tukas Sumarsono.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment