Berita Terbaru

Wednesday, January 27, 2016

7 Februari 2016 jalan satu arah di Manado diberlakukan
by donwu - 0

Angkot di Manado.
MANADO, SMCOM—Setelah melalui kajian bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut dan Dinas Perhubungan Pemprov Sulut, akhirnya program jalan satu arah (one way) di Manado akan dilaksanakan mulai Minggu, 7 Februari 2016 mendatang. Rumusan jalur ini telah berulang kali dibahas dan telah keluar Peraturan Walikota (Perwako) Manado.
Kadis Perhubungan Manado Drs Ficky Koagouw menjelaskan, masa sosialisasi sementara dilakukan serta bersama Polisi, Dishub Sulut dan Dihub Manado. "Parkiran liar di Mantos III juga sudah ditertibkan. Sebelumnya puluhan kendaraan bermotor terparkir di trotoar jalan. Begitu pula penertiban alur kendaraan di SPBU Sario yang merupakan simpul kemacetan parah karena semrawutnya alur masuk kendaraan. Kini alur telah dirubah dan ditaruh penanda jalan," jelas Koagouw, Selasa (26/1/2016) siang.
Agar pelaksanaan one way berjalan baik akan ditempatan petugas lalu lintas bersama petugas Dishub Manado. Sebagai upaya penanggulangan awal macet telah berjalan dengan maksimal. "Setiap jam macet, polisi dan petugas dishub akan standby untuk mengatur lalu lintas," ujarnya. 
Lebih lanjut dikatakannya, proses penertiban aktivitas warga yang menggunakan trotoar maupun badan jalan terus dilakukan. Seperti, daerah TKB adalah sasaran utama penertiban parkir kendaraan, maupun jualan pedagang. "Akses jalan penghubung samrat dan boulevard karena tentunya akan diperhatikan karena one way diberlakukan, jalan ini menjadi alternatif penting," kata Koagouw. Tujuanya agar kemacetan yang terjadi bisa diminimalisir dengan program ini. "Kami berharap dukungan dari masyarakat serta pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas," kunci Koagouw.
Ada sejumlah jalur yang akan dicoba untuk dilintasi dengan satu arah. Ruas Jln Pierre Tendean Boulevard satu arah dari Bahu menuju Zero Point. Selanjutnya satu arah Jln Samrat diarahkan dari Zero Point menuju patung Samrat. Kemudian, arus lintas di kawasan SPBU Sario sebelumnya ada dua jalur masuk berasal dari Jln Ahmad Yani dan Jln Bethesda Ranotana, kini telah dirubah satu jalur masuk saja yaitu dari Ahmad Yani. Dengan begitu tidak terjadi penumpukan kendaraan di simpang tiga yang dihiasi taman tersebut. Juga parkir liar di kawasan depan Mantos sudah steril, dan tidak terlihat lagi adanya parkir motor ilegal di bagian trotoar jalan. Penerapan one way di Manado memang sudah pernah dilakukan, tapi tidak berhasil.(sk)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment