Berita Terbaru

Wednesday, December 16, 2015

Ratusan Juta Anggaran kehumasan DPRD Sulut diduga didepositokan
by noberd losa - 0

MANADO,SMO.COM - Anggaran APBD Sulut tahun 2015 yang dikelola oleh Sekretariat DPRD Sulut nampaknya perlu diperiksa oleh pihak Polda Sulut diduga telah dimanfaatkan untuk raup kepentingan pribadi dengan mendepositokan ke beberapa bank swasta yang ada di Manado.
Seperti halnya yang terjadi di bagian Kehumasan DPRD Sulut, diduga anggaran untuk pembayaran sosialisasi dan kegiatan Humas telah dideposiyokan ke Bank BTN Bahu.
Pasalnya, kamis (16/12) saat akan melakukan pembayaran tagihan sosialisasi ke media massa, anggaran sebesar Rp300 juta tak dapat dilakukan karena tertahan di Bank.
Menurut informasi ketua Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulut Martino Limpong, diinformasikan oleh kepala sub bagian Humas Harold Lumempow anggaran tertahan di Bank BTN Bahu tak dapat dilakukan penarikan diatas Rp100 juta.
Pembenaran juga disampaikan oleh staf Humas Yustus Gumolili bahwa sudah dilakukan pengecekan dua kali ke bank BTN namun tetap ditolak oleh pihak Bank.
Pengakuan juga dilontarkan oleh Kabag Humas Theresia Sundah bahwa sejumlah anggaran pembayaran sosialisasi sebesar Rp300 juta telah dipindahkan dari Bank Sulut ke Bank BTN.
"Uang Advetorial untuk tagihan terakhir dari bank sulut telah dipindahkan ke bank BTN, bunganya juga tidak terlalu besar,"kata Theresia.
Dari informasi yang didapat, untuk mendepositokan uang ke Bank BTN dengan BI rate normalnya 7,25 persen, namun rate tersebut dapat lebih tinggi atas deal-deal dengan Customer Service bank.
Jika diambil hitungan dengan Rate Normal BI, maka dalam sebulan bunga yang didapat dari Rp300 juta sebesar Rp21 juta.
Menanggapi ini,Rasky Mokodompit anggota Komisi I DPRD Sulut mengecam perbuatan melanggar aturan pengelolaan keuangan dan meminta aparat hukum segera turun lakukan pemeriksaan atas temuan dugaan penyalahgunaan uang negara ini serta penjabat gubernur tinjau kinerja sekertaris DPRD Sulut Bartolomeus Mononutu tak mampu lakukan tugas dan tanggung jawabnya.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment