Berita Terbaru

Monday, December 14, 2015

PLTU Tarun Diharapkan jadi Solusi Listrik di Talaud
by Unknown - 0

Ilustrasi.
TALAUD, SMOcom—Kerinduan warga Talaud untuk bisa mendapatkan pelayanan listrik yang prima masih belum mampu dipenuhi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Karenanya, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Tarun Melonguane diharapkan mampu menjawab kebutuhan warga perbatasan utara Indonesia ini.
Tokoh muda Talaud Melky Alfrets berpendapat, kehadiran PLTU adalah salah satu jawaban terhadap kesediaan pasokan listrik yang bisa mengaliri seluruh wilayah Talaud. "Di samping itu, minimnya investor masuk di daerah kita karena melihat keterbatasan tenaga listrik yang tersedia. Dioperasikannya PLTU dalam waktu dekat, paling tidak tahun 2016 nanti akan membawa angin segar baru dalam iklim investasi di Talaud," tutur Alfrets, Minggu (13/12/2015).
Untuk itu ia berharap ada langkah cepat yang segera diambil pemerintah pusat dan pertamina selaku pelaksana proyek untuk menuntaskan pembangunan PLTU Tarun. "PLTU Tarun adalah salah satu bukti nyata apakah pemerintah pusat peduli atau tidak dengan kondisi Kepulauan Talaud sebagai tapal batas negara," kata Alfrets.
Kelambatan pembangunan PLTU pun menjadi sorotan berbagai kalangan warga yang mengharapkan Kepulauan Talaud bisa terbebas dari masalah kesulitan listrik yang selama ini sangat bergantung pada suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Bitung. "Tidak mungkin bisa langsung dioperasikan tahun ini. Namun kami berharap kepedulian pemerintah pusat agar PLTU secepatnya dioperasikan," ujar Yenni Sandala warga Melonguane.
Pendapat senada diutarakan warga lainnya Marcel Silangen yang menilai tidak mungkin PLTU bisa dioperasikan dalam tahun ini seperti direncanakan Pemerintah Pusat. "Terlalu dini kalau PLTU Tarun diresmikan tahun ini. Namun kami berharap dan meminta pemerintah pusat datang dan melihat langsung kondisi dan penyelesaian PLTU," cetusnya.(skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment