Berita Terbaru

Thursday, December 17, 2015

Penjabat Walikota Manado: Lawan Tindakan Tidak Sportif, Karena itu Musuh Kita
by donwu - 0

Penjabat Walikota Manado Royke Roring.(foto: donny/sk)
MANADO, SMOcom—Penjabat Walikota Manado Royke Octavian Roring, Kamis (17/12/2015) pagi menjadi inspektur upacara Apel Peringatan Bela Negara ke-67 serta Apel Kesiagaan Polisi Pamong Praja (Pol PP) bertempat di Lapangan Sparta Tikala, Manado. Dalam sambutannya Roring mengingatkan agar para Abdi Negara di lingkungan Pemkot Manado untuk bisa terus kerja keras, kerja cerdas dan kerja hebat agar bisa melanjutkan perjuangan yang telah ada.
“Saat ini Bela Negara bukan hanya lagi berbicara mengenai kesiapan militer, melainkan juga harus mencakup semua aspek kehidupan termasuk melawan penjajahan mental yang dapat menyebabkan kemisikinan, ketergantungan serta kemasabodohan. Oleh karena itu kita harus terus mengembangkan serta memberdayakan sumber daya manusia yang tentunya berketuhanan, unggul berpengengetahuan dan berkebijaksanaan,” tegas Roring di depan ratusan PNS/ASN di Pemkot Manado yang ikut apel.
Dikatakannya, Bela Negara pertama-tama berbicara soal mindset, dan ini dimulai dari dasar paling akrab yakni kecintaan kepada negari ini yang dimulai dari kampong halaman dan rumah, pada pola pikir dan cara hidup yang dibentuk oleh tradisi dan kearifan local. “Indonesia adalah Negara besar, dengan rentang dari barat ke timur sebanding dengan Eropa dan Amerika Serikat. Dengan bentang geografis ini, Indonesia diiami oleh ratusan etnis dengan beragam budaya, ditambah dengan kekayaan sumber daya alam. Inilah sebenarnya kekayaan kita sebagai anak bangsa, karena setiap masyarakat mengembangkan kebijaksanaan yang khas sesuai kondisi wilayah masing-masing. Ini yang disebut dengan kekayaan peradaban,” terang Roring.
Lanjut Kepala Bappeda Pemprov Sulut ini, Bela Negara berarti kesiapan memberantas ancaman, tantangan, hambatan, dan ganguan, baik dari dalam maupun luar. “Tapi kita tidak boleh lupa, ada penyakit yang bila dibiarkan akan menggerogoti setiap sendi kehidupan berbangsa dan bergenara. Kita masih harus membela Negara dari para pelaku korupsi, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan terutama sifat malas, masa bodoh, suka serba instan, serta tidak sportif. Ini musuh yang dihadapi paling nyata dalam keseharian. Ayo kita lawan musuh ini melalui pendidikan yang membebaskan, kemauan belajar, disiplin kerja, sportivitas, dan terutama kepedulian terhadap sesame,” tandas Roring.(dsw/skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment