Berita Terbaru

Tuesday, December 8, 2015

Mertua Salah Satu Calon Walikota Manado Tertangkap Tangan Bagi-Bagikan Sembako?
by donwu - 1

Barang bukti sembako yang ditemukan di salah satu mobil tim salah satu paslon di Manado.
MANADO, SMOcom—Serangan fajar jelang Pilkada Manado makin gencar. Modus money politic atau politik uang yang dilakukan sama seperti sebelumnya. Calon pemilih akan diberi berbagai bentuk hadiah mulai dari barang hingga uang dari peserta pilkada, untuk mempengaruhi pilihan. 
Terbukti pada Selasa (8/12/2015) dini hari ini, tim salah satu pasangan calon (paslon) tertangkap tangan pemerintah setempat saat beroperasi di wilayah Kecamatan Paaldua. Di dalam mobil ditemukan sembako yang sudah dibungkus plastik. Laporan warga yang menyaksikan, menyebutkan bahwa aparat pemerintah kecamatan sempat beradu mulut dengan salah satu oknum yang membagi-bagikan sembako tersebut. 
Oknum-oknum yang didapati membawa sembako.
Ada yang mengenali salah satu onkum tersebut, dikabarkan merupakan ayah mertua calon Walikota Manado, yang selama ini disebut-sebut punya andil besar dan membiayai pencalonan sang menantu. “Dorang baku ambe, mar pada akhirnya sembako itu diamankan,” ujar sumber. 
Hingga berita ini diturunkan belum dipastikan apakah temuan itu akan langsung dilaporkan ke Bawaslu Sulut atau belum. Yang pasti, sesuai aturan yang berlaku jika paslon atau tim mengiming-imingi pemilih dengan uang atau sembako dan sejenisnya, maka paslon bersangkutan akan didiskualifikasi dari pencalonan di pilkada.
Lantas apa sikap Bawaslu Sulut? "Jika kedapatan paslon bagi-bagi uang kepada masyarakat akan ditindak tegas. Kami pihak penyelenggara, akan mengenakan sanksi yaitu langsung dianulir," tegas Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda.
Dia pun mengigatkan kepada para paslon dan tim kampaye untuk dapat memperhatikan hal-hal yang melanggar aturan-aturan. "Kami akan mengawal dengan ketat proses pilkada ini, selama masa tenang hingga hari H pencoblosan 9 Desember," kata Malonda, seraya berharap partisipasi masyarakat untuk dapat mengawal pesta demokrasi ini sehingga bisa berjalan dengan baik. "Masyarakat bantu, jika kedapatan main politik uang, langsung melapor ke Panwaslu atau langsung ke Bawaslu Sulut," ajak Malonda.(dsw)


« PREV
NEXT »

1 comment

  1. kalau kedapan ti ndak lanjutnya apa? bagus kalau tindak lanjutnya penguraman suara supaya ada efek jerah

    ReplyDelete