Berita Terbaru

Tuesday, December 29, 2015

Menteri PDIP: Pilkada Manado Terserah KPU
by donwu - 0

Mendagri Tjahjo Kumolo saat berkunjung ke Manado.
JAKARTA-Pilkada Serentak sudah selesai dilakukan 9 Desember 2015. Para calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih saat sedang menunggu tahapan pelantikan oleh Kementerian Dalam Negeri. Namun masih ada 5 daerah yang masih ditunda pelaksanaannya, salah satunya Manado.
Jelang pelantikan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengusulkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar tahapan pelantikan Kepala Daerah dilakukan dengan dua tahap. "Saya sedang mempersiapkan untuk diskusi soal ini dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan kalau bisa dibagi dua tahap," kata Tjahjo di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Selasa (29/12/2015).
Untuk jadwal pelantikan sendiri, Tjahjo menyebutkan para kepala daerah terpilih yang tidak terkendala sengketa pilkada, maka dapat di lantik pada akhir Januari mendatang. Sedangkan, untuk tahap ke dua, akan dilakukan pada akhir Maret. "Jadi 100 sekian itu kan menurut saya tidak akan semua masuk sengketa jadi jangan sampe Pilkada serentak mengganggu keputusan di daerah. Mudah-mudahan bisa sepakat akhir Januari kemudian tahap kedua akhir Maret," jelasnya.
Selain berbicara soal pelantikan, politisi PDI-Perjuangan ini juga mengatakan 5 daerah yang pemilihannya diundur, masih harus menunggu putusan dari Mahkamah Agung (MA). Adapun lima daerah tersebut, adalah Kalimantan Tengah, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Pematangsiantar, Kota Simalungun, dan Kota Manado "Pilkada yang lima itu tetap menungu keputusan MA. Soal mau dibuat serentak atau tidak itu keputusan KPU, mudah-mudahan tidak melebihi Maret (pilkadanya) supaya bisa ikut dilantik akhir Maret bareng," tambah Tjahjo.(mer)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment