Berita Terbaru

Monday, December 14, 2015

Legislator Manado Minta Roring Jangan Rolling Pejabat
by Unknown - 0

Legislator Partai Gerindra, Apriano Saerang.
MANADO, SMOcom—Penjabat Walikota Manado Roy Oktavianus Roring dilarang melakukan mutasi pejabat. Namun demikian bukan berarti pejabat struktural Eselon II atau pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup pemerintahan, khusus Pemkot Manado dapat seenaknya bertingkah di masa transisi kepemimpinan daerah saat ini. Hal tersebut ditegaskan Ketua Komisi D Dekot Manado, Apriano Ade Saerang, Senin (14/12/2015) di gedung Parlemen Jl Balaikota Tikala.
Menurutnya, apa yang ditegaskannya tersebut bukannya tanpa alas an tetapi mengacu dengan apa yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam Rapat Koordinasi Kepegawaian Wilayah Kerja Kantor Regional XI BKN Provinsi Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara, beberapa waktu yang lalu. “Saat itu Bima mengingatkan kepada para Penjabat Kepala Daerah, baik Penjabat Gubernur/Walikota/Bupati, agar tidak boleh melakukan mutasi atau rotasi pejabat,” ujar Saerang.
Dikatakannya, seperti yang disampaikan Bima, ada aturan yang melarang Kepala Daerah Devinitif maupun Penjabat meakukan rotasi, promosi atau mutasi jabatan dalam jangka waktu 6 bulan sebelum dan sesudah pemilihan kepala daerah (Pilkada). “Kalau penjabat melakukan rolling dan akhirnya dianulir karena melanggar aturan, maka akan menimbulkan ketidakstabilan administrasi pemerintahan daerah. Ini karena pejabat yang diganti tidak sah. Di saat bersamaan pejabat lama juga sudah dicopot, pelayanan publik akan bermasalah,” tegas politikus Partai Gerindra ini.
Ditambahkannya, Penjabat Kepala Daerah bertugas untuk menyukseskan jalannya Pilkada, dan bukan memikirkan untuk mengubah posisi pimpinan SKPD. “Ini sesuai dengan undang-undang, sehingga Penjabat Walikota/Bupati harus mentaati aturan tersebut. Jika memaksakan melakukan rotasi atau rolling akan menimbulkan konsekuensi hukum, sebab semua anggaran yang digunakan pejabat baru akan menjadi temua BPK,” tukas Saerang.(wan/skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment