Berita Terbaru

Wednesday, December 16, 2015

KPU: Pilwako Manado Ditunda Pengaruhi Anggaran
by donwu - 0

Ilustrasi.
MANADO, SMOcom—Dengan adanya putusan sela dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN) Makassar atas gugatan pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, mengakibatkan tertundanya Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Manado yang sebelumnya dijadwalkan dilakukan serentak dengan sejumlah daerah lainnya pada 9 Desember lalu. Terkait dengan hal tersebut, menimbulkan persoalan baru yang merupakan dampak dari penundaan pelaksanaan Pilkada Manado tersebut. 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado Jusuf Wowor mengatakan, jika terjadi penundaan Pilwako Manado maka berakhir dengan masalah anggaran penyelenggaraan. “Sesuai jadwal, pelaksanaan Pilwako Manado 9 Desember lalu, bersamaan dengan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulut. Tapi karena ada gugatan, maka ditunda dan ini berpengaruh pada anggaran,” ungkap Wowor, Rabu (16/12/2015).
Lanjut Wowor, guna mempersiapkan Pilwako Manado yang nantinya akan ditentukan setelah putusan inkrah dari gugatan paslon nomor urut 2, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Pemkot Manado. “Dalam waktu dekat ini kami akan menyurat ke Pemkot Manado terkait anggaran Pilkada Manado yang akan dilaksanakan jika sudah ada putusan inkrah dari gugatan itu,” pungkasnya.
Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan barang Milik Daerah (BPKBMD) Manado Manarsar Panjaitan menegaskan, pergeseran anggaran pelaksanaan Pilwako Manado sulit untuk direalisasikan. Menurutnya, pergeseran anggaran Pilawako tersebut hanya bisa dilakukan jika ada aturan khusus. “Pergeseran anggaran sudah tidak ada lagi, kecuali ada aturan baru. Jika tidak ada, dasar apa yang akan dipakai untuk menlakukan pergeseran anggaran, harus ada Perda yang mengaturnya,” kata Manarsar.
Dirinya menegaskan, penambahan anggaran Pilwako sudah tidak bisa dilakukan, karena pemerintah telah mengalokasikan anggaran Pilwako dan telah menyerahkannya ke KPU Manado. “Sebenarnya anggaran sudah tidak bisa diberikan lagi, karena memang anggarannya sudah tidak ada lagi yang sebelumnya sudah diserahkan kepada KPU Manado,” ujarnya.(wan/skh-swarakita)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment