Berita Terbaru

Thursday, December 17, 2015

Hina Wartawan, Warga Boltim Dilaporkan ke Polda Sulut
by donwu - 0

Laporan ke Polda Sulut.
MANADO, SMOcom—Menghina profesi wartawan dengan mengatakan menulis berita untuk mendapatkan uang, Mhona Mokosuli, warga Desa Bongkudai Barat, Kecamatan Modayag, Kabupaten Boltim, dilaporkan Isa Jusuf warga Kelurahan Taas Manado ke Polda Sulut. Jusuf yang juga berprofesi wartawan ini, melaporkan Mhona dengan menggunakan Undang-Undang Informasi dan Teknologi (ITE), yang dianggap telah mencemarkan nama baik dirinya secara pribadi maupun secara lembaga profesi wartawan.
Jusuf yang didampingi sejumlah wartawan Polda Sulut saat melaporkan kasus ini menjelaskan kronologi berawal ketika, dirinya menulis berita mengenai isu dugaan suap terhadap Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) untuk memenangkan salah satu pasangan calon bupati dan wakil Bupati di Boltim. "Saya buat berita klarifikasi dari KPUD Boltim. Semua unsur saya penuhi. Berita itu di posting pada hari Minggu 13 Desember 2015. Tapi, pada tanggal 16 Desember 2015, orang ini membuat status di facebook yang mencemarkan nama baik saya sebagai wartawan," kata Jusuf, Kamis (16/12/2015).
Jusuf menambahkan, tak hanya 1 status tapi ada banyak status dan juga komentar di facebook yang menyudutkan dirinya, keluarga dan juga profesi wartawan. "Saya dibilang goblok, biongo dan lainnya. Tapi yang membuat saya tak tahan, saya dikatakan mau meminta uang kepada dirinya dengan pemberitaan tersebut. Padahal, berita itu fakta, dimana ada bukti penyebaran isu dan kemudian diklarifikasi ke Komisioner KPU sebelum dipublish. Jadi ini benar-benar pelecehan nama baik pribadi, keluarga saya dan tentunya lembaga pers dimana tempat saya mengabdikan diri," kata Jusuf di hadapan Ka Siaga 1 SPKT Polda Sulut, Kompol Yohman Malota ST dan Ba Siaga SPKT Brigadir Imam Agus Ali.

Laporan penghinaan ini sendiri diterima Polda Sulut dengan nomor laporan STTLP/1185.a/XII/2015/SPKT. Sementara, Ka Siaga 1 SPKT Polda Sulut membenarkan telah menerima laporan tersebut. Menurutnya, laporan ini masuk kategori khusus karena dikategorikan sebagai pelanggaran Undang-undang ITE, dimana terjadi penghinaan di media sosial dalam hal ini Facebook.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment