Berita Terbaru

Thursday, December 17, 2015

Astaga, Pelaku Penyelundupan BBM Subsidi Sitaro Tak Ditahan
by noberd losa - 0

Tokoh Pemuda Sitaro, Rinto Mohede

SITARO, Petugas pelabuhan Ulu Sitaro berhasil menggagalkan penyelundupan 425 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) Minyak Tanah bersubsidi yang rencananya akan diperdagangkan ke Manado pada selasa (15/12) kemarin.
Namun anehnya malah dilepaskan tak diproses hukum dan herannya petugas pelabuhan hanya melakukan penyitaan barang bukti 425 liter BBM minyak tanah tersebut.
Peristiwa penyelundupan seperti ini ternyata sudah sering terjadi, namun karena pelaku selalu dilepaskan akibatnya peristiwa melanggar hukum ini terus diulang oleh pelaku.
Menyikapi ini, Tokoh pemuda Sitaro Rinto Mohede menantang sikap tegas pihak berwajib untuk melakukan penahanan terhadap pelaku.
"Ini akan terus terulang, minyak tanah subsidi diperdagangkan ke Manado tak heran kelangkaan minyak tanah terjadi di Sitaro," katanya.
Lanjut Mohede, Tanpa adanya sikap tegas aparat hukum, pelaku akan terus berulah karena tak ada tindakan hukum yang dapat membuat efek jera.
Kata Mohede, UU No.10 tahun 1995 tentang Kepabeanan Pada Pasal 102 telah diatur jelas barang siapa yang mengimpor atau mengekspor atau mencoba mengimpor atau mengekspor barang tanpa mengindahkan ketentuan ini dipidana karena melakukan penyelundupan dengan pidana penjara paling lama 8 tahun dan denda paling banyak Rp500 juta.
"Pemerintah kabupaten Sitaro harua tegas jangan takut menindak pelaku kejahatan ini yang kian menyusahkan warga kecil," tandas Mohede.(Dom)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment