Berita Terbaru

Tuesday, December 8, 2015

2012, Walikota GSVL Lahirkan 2 Kecamatan Baru
by donwu - 0

Walikota GS Vicky Lumentut bersama istri.
MANADO, SMOcom—Dengan bertambahnya penduduk di Manado, membuat kepadatan penduduk di sejumlah wilayah. Karenanya, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) mengambil kiebijakan untuk memekarkan Kecamatan yang dianggap padat sehingga lahirlah Kecamatan yang baru pada tahun 2012 lalu. Ini menjadi salah satu catatan pencapaian Pemkot Manado. Dua Kecamatan baru yang dikukuhkan dan diresmikan merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Bunaken dan Kecamatan Tikala. Dari Kecamatan Bunaken dimekarkan Kecamatan Bunaken Kepulauan, dan dari Kecamatan Tikala dimekarkan Kecamatan Paaldua. 
“Pemekaran kecamatan ini dilakukan guna menjawab aspirasi dan keinginan masyarakat akan adanya pelayanan administrasi pemerintahan yang lebih cepat dan lebih dekat mengingat laju perkembangan dan pertumbuhan pembangunan di Manado yang semakin pesat yang dibarengi dengan jumlah penduduk yang kian padat dalam satu wilayah kecamatan,” ujar Walikota GSVL.
Dikatakannya, saat itu lebih khusus untuk Kecamatan Bunaken, masyarakat yang berdomisili di Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken dan Pulau Siladen seringkali mengalami hambatan dalam mendapatkan pelayanan administratif pemerintahan yang cepat, karena harus menempuh perjalanan melalui laut yang relatif jauh, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, serta adanya keterbatasan sarana transportasi.
“Selain demi percepatan pelayanan administrasi pemerintahan, tujuan dari pemekaran kecamatan ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan kehidupan berdemokrasi, mempercepat pengelolaan potensi wilayah kecamatan, meningkatkan keamanan dan ketertiban wilayah serta untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan,” terang GSVL. Dengan dimekarkannya dua kecamatan baru, maka Manado saat ini memiliki 11 Kecamatan.(dsw/skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment