Berita Terbaru

Tuesday, December 1, 2015

17 menit GSVL sambutan, 18 kali jemaat Advent beri aplaus
by donwu - 0

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut foto bersama pimpinan GMAHK usai membuka pelaksanaan GMAHK North Minahasa Conference di Kantor GMAHK Paaldua, Senin (30/12/2015) kemarin.(foto: ist)
MANADO, SMOcom—Luar biasa sambutan jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) terhadap sosok Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL). Bahkan, saat diundang untuk meresmikan pelaksanaan GMAHK North Minahasa Conference yang meliputi daerah Manado dan Maluku Utara di Kantor GMAHK Paaldua Kecamatan Paaldua, Senin (30/12/2015) kemarin, tak putus-putusnya jemaat GMAHK dan peserta konferensi merespon sambutan Walikota GSVL.
Bahkan sesekali para pimpinan GMAHK seperti Sekretaris Eksekutif Divisi Asia Pasifik Selatan yang berkedudukan di Filipina Pdt Samuel Saw, Bendahara Divisi Asia Pasifik Selatan Dr Max W Langi, Ketua Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur Pdt Samuel Yotam Bindosano MA, Sekretaris Eksekutif Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur Pdt Happy Sibilant MPTh MAEd, Bendahara Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur Ventje Raranta SEAk MBA, tertawa penuh arti menyambut pidato GSVL.
“Mengiringi kebersamaan ini, selaku pemerintah, saya menyambut gembira dan memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Saya yakin konferensi akan memberikan daya dorong pengembangan pelayanan GMAHK khususnya di Manado dan Maluku Utara dalam rangka memberikan penguatan positif bagi peningkatan kualitas iman jemaat dan juga bagi pembangunan di daerah,” ujar GSVL mengawali sambutannya.
Disadari bersama, lanjut GSVL, seluruh gereja, termasuk GMAHK memilik peran strategis dalam pembangunan daerah. Sebagai hamba Tuhan, maka GMAHK kiranya terus dapat memainkan perannya secara optimal dalam memberikan pencerahan etika moral dan spiritual berdasarkan nilai Kristiani. “Sangat diharapkan agar jajaran GMAHK semakin proaktif dan kontributif dalam memberikan masukan dan saran positif dan konstruktif, senantiasa dapat hadir sebagai jawaban terhadap berbagai pergumulan dan permasalahan yang dihadapi gereja, daerah, dan Indonesia,” ucap GSVL.
Dalam kaitan ini, konferensi merupakan forum strategis untuk memberikan pemahaman lebih penting lagi dalam posisi GMAHK melaksanakan pembangunan, sekaligus menyatukan persepsi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kedepan, sehingga akan mampu berkiprah dalam memberi sumbangsih bagi setiap permasalahan yang dihadapi, yang pada akhirnya akan memantapkan eksistensi GMAHK dalam kehidupan bergereja maupun bermasyarakat. 
“Dan melalui konferensi, seluruh komponen GMAHK diharapkan termotivasi tampil terdepan sebagai agen pembaharu dalam kontribusinya di berbagai bidang kehidupan. Saya berharap, segenap komponen GMAHK semakin memancarkan kasih Kristus dalam setiap kehidupan yang semakin mempererat keharmonisan antar anggota jemaat, antar umat beragama, dan dengan pemerintah. Kiranya saudara dapat bertindak sebagai motivator, dinamisator, sekaligus aktor dalam mendukung agenda pembangunan, pemerintahan, dan kemaysarakatan di daerah ini,” terang GSVL.
Pada kesempatan itu, GSVL tak lupa menyampaikan bahwa masa tugas dari pengurus daerah konferens sama dengan masa tugas dirinya sebagai Walikota Manado yakni 2010-2015. “Cuma beda beberapa hari, karena tanggal 9 Desember akan menghadapi Pilkada. Selama 5 tahun, saya sangat dibantu anggota jemaat GMAHK. Dalam tugas memimpin daerah ini,” ujarnya.
Diakuinya, memang sejak awal memimpin Manado, dirinya mengambil kebijakan bahwa membangun kota tidak hanya tugas pemerintah secara keseluruhan, tetapi keberhasilannya harus dibantu para rohaniwan. “Musti ada tiga pilar, yakni pemerintah, rohaniwan, para awak media. Rohaniwan, saya harapkan tugasnya adalah melakukan pembaruan, tugas pemerintah membangun, dan tugas media mempublikasikan apa yang dibangun. Dari prinsip ini, saya mengajak semua rohaniwan untuk bersama dengan kami pemerintah melaksanakan tugas membuat Manado makin hari makin baik, terima kasih saya,” ujar GSVL.
Dan khususnya jemaat GMAHK, karena jemaatnya mendukung kepemimpinannya selaku Walikota Manado, sehingga Manado makin baik, apalagi dukungan pimpinan GMAHK yang bertugas membarui hati para umat. “Ketika hati dibaharui, ke atas dan ke samping akan makin baik. Kami yang bertugas membangun, akan mudah mengarahkan membangun. Sehingga praktik mengasihi sesama dan lingkungan akan semakin baik. Saya belum banyak memberikan perhatian, di Manado para rohaniwan kami beri perhatian, tidak banyak Rp1 juta tiap bulan dan sudah berjalan 5 tahun. Terima kasih dukungan ini,” ujar GSVL.
Dikatakan pula, satu hal yang dirinya sangat terbantukan, yang menjadi tujuannya adalah masyarakat harus sehat. “Karena pikiran saya, jika masyarakat sehat akan berpikir positif, sebaliknya jika banyak yang sakit akan berpikir negatif. Oleh karena itu saya memprogramkan membuat masyarakat kota sehat dengan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat Manado. Kami back up dari anggaran APBD. Di dalamnya kami sangat terbantukan dengan kehadiran Rumah Sakit Advent Manado di Teling, saya ikut sejak dari peletakan batu pertama sampai pada saat diresmikan, saya tahu juga tahun pertama terseok-seok, tahun kedua nyaris ditutup, tahun ketiga mulai ada keseimbangan, dan sekarang sudah menjadi rumah sakit unggulan di Manado setelah melewati proses perjuangan,” terang GSVL mengisahkan.
GSVL tak lupa berterima kasih kepada Pemuda Advent yang sudah menjadikan dirinya sebagai anggota Pathfinder. “Juga kepada Pdt Brandes, yang menjadi mediator berbagai kegiatan GMAHK di Manado. Selamat berkonferens, selaku Pemkot bangga, karena mencatatkan saya, di masa saya memimpin kota menghasilkan pemimpin GMAHK. Yang terpilih, kita dukung semua, saya harapkan kita berada dalam suasana yang baik dan seluruh elemen GMAHK bersama dengan pemerintah,” tutup GSVL. Terhitung ada 17 menit GSVL memberikan sambutannya, dan terhitung juga selama 17 menit ini sedikitnya ada 18 kali peserta konferensi dan jemaat GMAHK memberikan aplaus.(dsw/skh-swarakita)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment