Berita Terbaru

Saturday, November 28, 2015

Walikota GSVL turun sungai bersihkan sampah
by donwu - 0

WALIKOTA GS Vicky Lumentut di perahu karet 
menyusuri DAS Tondano, Jumat (27/11/2015) kemarin.(foto:ist)
MANADO, SMOcom—Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) memberikan apresiasi program Pemprov Sulut yang dicetuskan Plt Gubernur Soni Sumarsono untuk membangun Manado jajdi lebih baik. Berbagai program yang digelar antara lain program ajakan “Mari Jo Ka Manado” telah dilaunching beberapa hari lalu, dan kini program Gerakan Bersih Kuala (GeBeKa) yang dimulai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano dari Maumbi sampai di jembatan Kairagi, Jumat (27/11/2015) kemarin.
Pencanangan itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Sumarsono dan Walikota GSVL, yang kemudian dilakukan penyusuran sungai. “Sebagai penanggungjawab di Manado, saya memberikan apresiasi terhadap program ini, karena Manado sebagai Ibukota Provinsi memang harus menyiapkan diri menyambut porgram Mari Jo Ka Manado, juga program GeBeKa ini memang harus dilakukan secara berkelanjutan,” ujar GSVL.
Walikota juga meminta instansi teknis terkait yang ada di lingkungan Pemkot Manado untuk menindaklanjuti program GeBeKa ini dengan mengimbau pada warga yang berada di DAS Tondano untuk tidak membuang sampah di sungai. “Kita akan menindaklanjuti program GeBeKa ini dengan melibatkan instansi teknis terkait serta warga agar DAS Tondano bersih dari sampah,” tukas GSVL. 
Sebeumnya Mendagri mengatakan bahwa dirinya menyambut baik kegiatan ini karena sejak awal Sulut khususnya Manado, Minahasa dan kota-kota lain di Bumi Nyiur Melambai sudah menjadi daerah tujuan wisata. “Untuk itu harus diwujudkan semangat gotong royong membersihkan lingkungan dan sungai. Sungai yang mengalir ke laut harus dijaga bersama masalah kebersihannya," kata Kumolo, seraya mengajak semua stakeholder di Sulut terus bangun semangat gotong royong dan kebersamaan, sehingga akan mempercepat kebersihan sungai, pantai dan juga jalan.
Adaoun pada kesempatan itu, Gubernur Sumarsono telah menyatakan tiga hal penting yaitu gerakan ini diikuti hingga sampai di tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan, di Kabupaten/Kota se-Sulut. “Ini merupakan kesiapan kita sekaligus menyambut program Mari Jo Ka Manado,” tukasnya. Kegitan ini mendapat dukungan dari berbagai elemen, mulai dari pemerintah, TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, serta LSM peduli lingkungan.(dsw/skh-swarakita) 
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment